Perbandingan Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi

https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5663

Fajar Nur’aini, Ihrom Rosyadi, Maretania Arafah, Mega Safrina, Nuri Isnaini, Rahmat Evendi, Bowo Sugiharto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh jenjang semester terhadap kemampuan berargumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian expost facto. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling.Sampel yang digunakan yaitu 30 mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7 pada tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah soal isian yang dikembangkan berdasarkan TAP (Toulmin’s Argumentation Pattern). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis independence t test. Hasil yang diperoleh yaitu mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7 berturut-turut mendapatkan rata-rata 25,67%, 32,11%, 37,7%, 49,06%, sehingga mahasiswa dengan jenjang semester lebhi tinggi memiliki keterampilan berargumentasi yang lebih unggul. Dapat disimpulkan bahwa jenjang semestermempengaruhi tingkat kemampuan argumentasi.

Keywords


Biologi; Keterampilan Argumentasi; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Admoko, Setyo, dan S. Supriyono. 2016. “Workshop Peningkatan Kemampuan Merancang Kegiatan Laboratorium Berorentasi pada Pendekatan Saintifik Bagi Guru Fisika Sidoarjo.” Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 6 (1): 34–42.

Amalia, Nur Fildzah, Ari Widodo, dan Diana Rochintaniawati. 2018. “Kompleksitas Argumentasi Berbasis Isu Sosiosaintifik pada Jenjang SD, SMP, dan SMA.” Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education 1 (1): 29–32.

Baan, Anastasia. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Wall Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X. 1 SMA Negeri 1 Sesean.” Perspektif: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani 1 (1): 30–39.

Ekanara, Bambang, Nuryani Y. Rustaman, dan Hernawati Hernawati. 2016. “Studi Tentang Keterampilan Pembentukan Klaim Mengenai Isu Sosio-Saintifik Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Kelompok Budaya Sunda.” Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya 11 (2).

Faiqoh, Nurul, Lia Puji Astuti Nadhirotul Khasanah, Riski Prayitno, Baskoro Adi Prayitno, dan Program. 2018. “Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati Nurul.” Jurnal Pendidikan Biologi 7 (3): 174–82.

Ginanjar, Wahyu Sukma, dan Setiya Utari. 2015. “Penerapan model argument-driven inquiry dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP.” Jurnal Pengajaran MIPA 20 (1): 32–37.

Habibah, Sulhatul. 2019. “PARADIGMA POPPERIAN.” DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora 6 (2): 303–18.

Handayani, Putri. 2015. “Analisis argumentasi peserta didik kelas x sma muhammadiyah 1 palembang dengan menggunakan model argumentasi toulmin.” Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 2 (1): 60–68.

Hasanah, Nur, Tri Sri Noor Asih, dan Iqbal Kharisudin. 2019. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Fostering Communities of Learners.” Dalam PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2:622–28.

HASANAH, Umi Nur, Andi Thahir, Komaruddin Komaruddin, dan Rahmahwaty Rahmahwaty. t.t. “MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 7 (4): 1123–35.

Hasnunidah, Neni, dan Herawati Susilo. 2014. “Profil perspektif sosiokultural mahasiswa dalam berargumentasi pada mata kuliah biologi dasar.” Dalam Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 11:729–33.

Herlanti, Yanti. 2014. “Analisis Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Isu Sosiosainfik Konsumsi Genetically Modified Organism (GMO).” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 (1).

Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget.” Intelektualita 3 (1): 27– 38.

Karyanti, Karyanti, dan Komarudin Komarudin. 2017. “Pengaruh model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas viii smp negeri satu atap 4 pesawaran.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1:89– 94.

Kertayasa, I. Nyoman. 2011. “Logika, Riset, dan Kebenaran.” Widyatech Jurnal Sains dan Teknologi 10 (3): 29–44.

Komarudin, Komarudin. 2016. “Falsifikasi Karl Popper Dan Kemungkinan Penerapannya Dalam Keilmuan Islam.” At-Taqaddum 6 (2): 444–65.

Kurniawan, Edi Hardi. 2013. “Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Berdasarkan Kemampuan Berpikir Konkret Dan Formal Sman 1 Abung Pekurun Kota Bumi.”

Lestari, Putu Indah, dan Elizabeth Prima. 2018. “Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.” SINTESA.

LIN, SHU-SHENG, dan JOEL J. MINTZES. 2010. “Learning argumentation skills through instruction in socioscientific issues: the effect of ability level,” no. July 2008: 993– 1017.

Marliani, Novi. 2015. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5 (1).

Mouraz, Ana, Universidade Aberta, Carlinda Leite, dan Rui Eduardo Trindade. 2014. “Argumentative Skills in Higher Education : A Comparative Approach Argumentative Skills in Higher Education : A Comparative Approach.” Journal of Education & Human Development 3 (1): 1–154.

Muna, Izza Auliyatul. 2016. “Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa PGMI Pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty of Response Index (CRI).” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 13 (2): 309–22.

Nagel, P. Julius F. 2013. “Peluang dan Tantangan Ukm Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015.” Sustainable Competitive Advantage (SCA) 3 (1).

Probosari, Riezky Maya, Murni Ramli, HARLITA HARLITA, METI INDROWATI, dan SAJIDAN SAJIDAN. 2016. “Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan.” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 9 (1): 29–33.

Probosari, Riezky Maya, Murni Ramli, dan Meti Indrowati. 2016. “Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan.” BIOEUKASI 9 (1): 29–33.

Puspitaningrum, Hidayah Zuliana, Supeno Astutik, dan Supeno Supeno. 2018. “Lembar kerja siswa berbasis collaborative creativity untuk melatihkan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa SMA.” Dalam Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika, 159–64.

Sandhy, Afifah Kurnia, Edy Tandililing, dan Erwina Oktavianty. t.t. “Pengaruh Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik Terhadap Materi Getaran Dan Gelombang.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 7 (10).

Sanisah, Siti. 2010. “Pendidikan tinggi dan pengangguran terbuka: Sebuah dilema.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13 (2): 147–59.

Saregar, Antomi. 2016. “Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5 (1): 53–60.

Setiawati, Ina, dan Ilah Nurlaelah. 2017. “Analisis Profil Kemampuan Berargumentasi Guru dan Mahasiswa Calon Guru dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Toulmin’s Argumen Pattern (TAP) dan Upaya Perbaikannya.” Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi 9 (01).

Setyawan, Imam. 2011. “Peran Ketrampilan Belajar Kontekstual Dan Kemampuan Empati Terhadap Adversity Intelligence Pada Mahasiswa.” Jurnal Psikologi 9 (1).

Suraya. 2018. Keterampilan Argumentasi Ilmiah Dan Berpikir Kritis Melalui Metode Debat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X di MAN 1 Natuna Kepulauan Riau. Pontianak. UMP.

Syafitri, Rita, Rayandra Asyhar, dan Asrial Asrial. 2016. “Pengaruh Model Inquiry Training dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar.” Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember 5 (1). Tahaha, Hisban, dan Edhy Rustan. 2017. “Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo.” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 13 (2): 163–79.

Yusri, Radhya. 2016. “Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Solok.” PROSIDING 2 (1): 165–71.

Zahratul Hikmah, Naila, dan Nadi Suprapto. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Tipe Buzz Group untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas X MIA Materi Usaha dan Energi.” Inovasi Pendidikan Fisika 8 (2)




DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i2.5663

Article Metrics

Abstract views : 170 | PDF downloads : 69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.