The Application of Excretion System E-Module to Improve Science Literacy Skills

Friska Chairunnisa, Yuyun Maryuningsih, Djohar Maknun

Abstract


The research aims to analyze the application of e-modules in improving scientific literacy skills. This research employed the quasi-experimental with pretest-posttest control design group. The population of this study was eleventh-grade students of SMA Negeri 1 Anjatan which consisted of 15 classes, specifically seven science classes and eight social studies classes. The research sample was taken using random sampling. The researchers collected the research data using observations and tests. Furthermore, the data was analyzed using ANES software and SPSS v.25. The analyzed data were the prerequisite tests data and the t-test data. The results obtained from students' learning activities show the highest learning activities occurred at the data collection stage. There science literacy skills improvement between the control class and the experimental class was different. The experimental class' N-gain value was 0.30 and the control class' N-gain value was 0.2. Furthermore, the result of the sig statistical tests was 0.000, which was lower than 0.655. Therefore, Ho was rejected and Ha was accepted. It can be concluded that there was an improvement difference between the experimental class and the control class regarding scientific literacy skills.


Keywords


Science literacy skills; Online Learning; E-Module.

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395–402.

Amahoroe, R. A., Arifin, M., & Solihin, H. (2020). Penerapan Desain Praktikum Berbasis Stem Pada Pembuatan Tempe Dari Fermentasi Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMK. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 10(2), 89–100.

Amalia, L., & Hiola, F. (2020). Analisis gejala klinis dan peningkatan kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit covid-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 2(2), 71–76.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Azis, A. T. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi PPKN STKIP PGRI Nganjuk Melalui Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Dharma Pendidikan, 15(2), 83–92.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2020). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan OVO pada Masa Physical Distancing. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1).

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Para Guru Di SMK TI Udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem-based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Fausih, M. (2014). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan “instalasi jaringan lan (local area network)” untuk siswa kelas xi jurusan teknik komputer jaringan di smk nengeri 1 labang bangkalan madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3).

Hakim, L. N., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik Di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 239–250.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Handayani, D., Alperi, M., Ginting, S. M., & Rohiat, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, SNPPM2020P-84-SNPPM2020P-92.

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5–9.

Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Kurniawan, E., Dewi, A. K., Wirdianti, N., Hermawati, F. M., & Marhento, G. (2020). Covid-19 dan E-Learning: Perubahan strategi pembelajaran sains dan lingkungan di SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 50–61.

IMANINGTYAS, C. D., KARYANTO, P., NURMIYATI, N., & ASRIANI, L. (2016). Penerapan e-module berbasis problem-based learning untuk meningkatkan literasi sains dan mengurangi miskonsepsi pada materi ekologi siswa kelas x mia 6 sman 1 karanganom tahun pelajaran 2014/2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 4–10.

Imron, A., & Syafa’at, M. (2020). Revitalisasi Home Industry Berbasis Modal Sosial Sebagai Strategi Ketahanan Ekonomi Menghadapi Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Covid-19, 97–101.

Irawan, F., Zubaidah, S., & Sulisetijono, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Remap STAD Terhadap Pemberdayaan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1086–1092.

Jahrir, A. S., Al Qadri, M. I., Nurfadilah, N., Wahyu, M. S., Syahria, S., Amiruddin, A., & Rahmawati, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Bahasa dalam Spanduk Lockdown Wilayah Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. Panrita: Jurnal Bahasa Dan Sastra Daerah Serta Pembelajarannya, 1(2), 18–27.

KARTINI, N. N., Adnyana, P. B., & Swasta, I. B. J. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164–173.

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444–452.

Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 597–604.

Lidia, R., Sarwi, S., & Nugroho, S. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(2), 104–111.

Marlina, L. (2016). Kajian Sistem Pembinaan Profesional Guru IPA. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 25–32.

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41–52.

Mustakim, A., Jumini, S., & Firdaus, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Saintific Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas VIII DI SMP Takhassus Al-Qur’an 2 Dero Duwur, Di Wonosobo Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1), 217–226.

Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130.

Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-Modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 36–47.

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran videografi untuk siswa kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(1), 70–78.

Purnama, R. D. A., & Pribadi, B. A. (2014). Penilaian Performa dalam Pembelajaran SAINS. Jurnal Pendidikan, 15(1), 22–30.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.

Putra, M. I. S., & Putri, A. F. S. (2020). Implementasi Model Self Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 40–62.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.

Rifqi, A. B. (2021). Pengaruh Implementasi Asesmen Projek Terhadap Karakter Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD GUGUS 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 96–102.

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176–186.

Rusnawati, M. D., Sindu, I. G. P., & Sugihartini, N. (2017). Penerapan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(3), 356–365.

Safrizal, S. (2021). Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A). El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 55–64.

Sari, I. R. R., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Problem Posing Dalam Setting Cooperative Learning Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X 2 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 104–112.

Shofiyah, N., Wulandari, R., & Setiyawati, E. (2020). Modul Dinamika Partikel Terintegrasi Permainan Tradisional Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 292–299.

Silitonga, I. D., & Purba, D. O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dimasa Pendemi Covid 19. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (PENDISTRA), 3(1), 16–20.

Soepudin, U. (2018). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Masalah dalam Pembelajaran IPA Secara Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(1), 50–58.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152.

Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 60.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Invotec, 9(2).

Suherman, A., Tetep, T., Jamilah, J., Hermanto, O., & Susanti, Y. (2020). Webinars and Workshop on the Utilization of Online Learning Applications during the Covid-19 Pandemic at the MGMP PPKn Garut Regency. Journal Pekemas, 3(1), 31–37.

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 555–564.

Wakhidah, N. (2015). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Saintifik dan Literasi Sains. Artikel. Jurusan PGMI Fakultas UIN Sunan Ampel Surabaya Http://Www. Ispi. or. Id/2015/01/03/Pembelajaran-Sains-Dengan-Pendekatan-Saintifik-Dan-Literasi-Sains/3 Jan.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147–156.

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197.

Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119–138.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.

Yazid, S., & Lie, L. D. J. (2020). Dampak pandemi terhadap mobilitas manusia di Asia Tenggara. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 75–83.

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/biosfer.v12i1.8855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0