Peningkatan Perkembangan Emosi Anak Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan

Annisa Herlida Sari

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan yang dapat meningkatkan perkembangan emosi anak di PAUD Al-A’LAA Bogor, dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi.. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan perkembangan emosi anak setelah tindakan menggunakan metode berceritan dengan boneka tangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan peekembangan emosi anak menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan. Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 65% dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif tersebut, diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan perkembangan emosi anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-A’LAA Bogor. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran anak usia dini haruslah menerapkan metode dan media yang sesuai, menyampaikan berbagai pesan, memberikan motivasi, memberikan stimulasi, memberikan contoh, dan memberikan pertanyaan.

Teks Lengkap:

PDF (English) PDF


Article Metrics

Sari views : 151 | PDF (English) downloads : 604 PDF downloads : 48

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.