Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Program Cabri 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Dimensi Tiga

Lisbeth Hutapea

Abstract


This study aims to improve student learning outcomes in the three dimensional material with the Discovery Learning model assisted by the 3D CABRI program. The type of research used is Classroom Action Research. The results showed that discovery learning learning models assisted by Cabri 3D media can improve student learning outcomes. This is evidenced by an increase from the pre cycle with the class average value of 63.06 increasing to 63.89 in the first cycle and in the second cycle the average increased again to 83.13. Classical learning completeness also increased from 9.26% in the pre-cycle to 38.89% in the first cycle and increased again in the second cycle to 80%.

Keywords


Cabri 3; Discovery Learning; Learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11–20.

Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 891–896).

Bey, A., & Asriani. (2013). Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 223–239.

Erlinda, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Perkalia Bersusun Kesamping Melalui Metode Drill Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 18–23.

Haryanti, F., & Ardi Saputro, B. (2016). Pengambangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, I(2), 147–161.

Hasanah, U. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A MTS Nurul Islam Air Bakoman Kabupaten Tanggamus. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 41–60.

Imamah, F. U., & Toheri. (2014). Pengaruh Penggunaan Kombinasi Metode Pembelajaran Discovery Learning Dan Brain Storming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Himpunan. EduMa, 3(1), 120–137.

Jumhariyani. (2016). Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Kelas IV SD Sekecamatan SetiaBudi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 62–73.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria, 6(1), 84–92.

Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berfikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lipianto, D., Budiarto, M. T., Matematika, J., Surabaya, U. N., Matematika, J., & Surabaya, U. N. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesakan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas vii. Mathedunesa, 2(1).

Lusianti, M. (2013). Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Mendeskripsikan Hubungan Antara Kelangkaan Sumber Daya Dengan Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas. Economic Education Analysis Journal, 2(3), 82–87.

Maduretno, T. W., Sarwanto, & Sunarno, W. (2016). Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Learning Cycle dan Discovery Learning Ditinjau Dari Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. JPFK, 2(1), 1–11.

Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, ) A D, & Zubaidah, S. (2009). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang.

Mayliana, E., & Sofyan, H. (2013). Penerapan Accelerated Learning Dengan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 14–28.

Muzaki, L., Slamin, & Dafik. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Metode Guided Discovery Learning Berbantuan E-Learning dengan Aplikasi Atutor pada Pokok Bahasan Lingkaran. Pancaran, 3(2), 25–34.

Persada, A. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. EduMa, 5(2), 23–33.

Ramadhani, R. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. JPPM, 10(2), 72–81.

Sains, K. P., & Purwanto, A. (2014). Implementasi Model Learning Cycle 5E Disertai LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1–11.

Salo, Y. A. (2016). Pengaruh metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 297–304.

Sari, E. N., Ridlo, S., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi SEL di SMA. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1403–1407.

Sumarni, & Susanti, N. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Economica, 4(1), 109–123.

Weni, D. M., & Isnani, G. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 114–123.

Yulianti, H., An’nur, S., & Wati, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ajar Listrik Statis Dengan Pendekatan Problem Posing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 244–252.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/djm.v2i1.4186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Desimal: Jurnal Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  Creative Commons License
Desimal: Jurnal Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.