An Analysis of Mathematical Critical-Thinking Ability: The Impact of DCT (Dialogue Critical Thinking) and Learning Motivation

zuhan Nahdiyah, netriwati netriwati, Dian Anggraini, Fadly Nendra

Abstract


The mathematical critical thinking ability is part of a very important mathematical curriculum. The purpose in this study was to analyze the influence of Deep DCT Learning and the motivation to learn from the mathematical critical thinking ability. Research in is a quantitative study with the type of Quasy experimental Design by using post-test only control. Sampling techniques are performed by means of Random Sampling. Data retrieval is done by giving post-Test and poll. The analysis test used is a two way variances analysis (ANAVA). Based on the research results analyzed that: There is an influence between Deep DCT Learning to the mathematical critical thinking ability, there is a high, moderate and low motivation influence on mathematical critical thinking Skills, There is no interaction between Deep DCT Learning and the motivation to learn the ability of critical thinking mathematically.


Keywords


Deep Dialogue And Critical Thinking learning; Learning motivation; Mathematical Critical Thinking ability

Full Text:

PDF

References


A’yuni, A. Q., & Budiwibowo, S. (2014). Pengaruh metode diskusi dengan model pembelajaran DD-CT (deep dialogue-critical thinking) dengan pemberian penguatan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI akuntansi SMKN 1 Geger Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(2), 97–105.

Alimni. (2017). Penerapan pendekatan deepdialogue and critical thingking (Dd&Ct) untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu. Annizom, 2(2), 229–240.

Amiryousefi, M., & Dastjerdi, H. V. (2011). The relation between MI and motivation and students’ likes and dislikes of course books: A comparison between Interchange and Top Notch Elementary books. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 30, 1709–1713.

Anggreni, D., Wiyasa, I. K. N., & Putra, D. K. N. S. (2013). Model pembelajaran deep dealogue/critical thinking berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V SD No. 1 Tuban Kecamatan Kuta. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Cahyani, N. A. P., Bariyyah, K., & Latifah, L. (2017). Efektivitas teknik permainan simulasi dengan menggunakan media dart board untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tegal Siwalan Probolinggo. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(1), 22–27.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Fakhriyah. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157–169.

Kurniawan, G. F. (2019). Pembelajaran sejarah di kelas XI SMA semesta bilingual boarding school semarang. Historia Pedagogia, 8(1), 68–75.

Mayliana, E., & Sofyan, H. (2013). Penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi menggambar busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Nadiya, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan model pembelajaran group investigation (GI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49–51.

Noviandari, H., & Fratiwi, M. E. (2018). Pembelajaran menulis karya ilmiah berbasis deep dialogue/critical thinking. SOSIOEDUKASI: JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 7(1), 44–63.

Permatasari, F. I., & Setyowati, R. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran yurisprudensi inkuiri pada mata pelajaran ppkn terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Wonoayu. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(4), 1500–1514.

Rodiyana, R. (2015). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).

Rosmaiyadi. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam learning cycle 7e berdasarkan gaya belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 12–19.

Sakban, A. (2015). Penerapan pendekatan deep dialog and critical thinking terhadap berpikir kritis siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 121–130.

Sani, L. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Al-TA’DIB, 1–18.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: Apa, mengapa, dan bagaimana. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 8.

Sihotang, H. T. (2014). Sistem pakar mendiagnosa penyakit kolesterol pada remaja dengan metode certainty factor (Cf) berbasis web. Jurnal Mantik Penusa, 15(1), 16–23.

Suardana, A. A. P. C. P., & Simarmata, N. (2013). Hubungan antara motivasi belajar dan kecemasan pada siswa kelas VI Sekolah Dasar di Denpasar menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 203–212.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Tasrim, & Elihami. (2020). Motivasi kerja pendidik dalam meningkatkan manajemen lembaga pendidikan dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 48–53.

Thahir, A., Komarudin, Hasanah, U. N., & Rahmahwaty. (2019). Murder learning and self efficacy models: impact on mathematical reflective thingking ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135.

Untari, S., Hakim, S. Al, & Astawa, K. D. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis deep dialogue/critical thinking melalui praktik belajar kewarganegaraan siswa SD di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 23(2).

Wenty, C. S. (2020). Hubungan motivasi kerja dengan kinerja pegawai dinas pendidikan kabupaten pesisir selatan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(2), 937–942.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/djm.v3i3.6799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Desimal: Jurnal Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  Creative Commons License
Desimal: Jurnal Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.