Students’ Mathematical Problem Solving Abilities: The Impact of The Co-Op Co-Op Cooperative Learning Model and Missouri Mathematics Project

Rahma Faelasofi Sunanto, Risna Apriliani, Walidatul Nafi'ah

Abstract


The development of the industrial revolution must be balanced by the increase of quality soft skills, one of which is problem-solving ability. This study was aimed to determine which learning models that have more influence on students' mathematical problem-solving abilities. Cooperative learning model Co-Op Co-Op with students who applied the Missouri Mathematics Project learning model. This research employed the quasi-experimental design. The sample was selected using cluster random sampling. The data collection instrument used was a problem-solving ability test in the form of an essay test. Based on the results of calculations using the t-test, it was concluded that the Co-Op Co-Op Cooperative learning model had more influence on students' mathematical problem-solving abilities compared to the Missouri Mathematics Project.


Keywords


Cooperative co-op co-op; Missouri Mathematics Project; Mathematical problem-solving.

Full Text:

PDF

References


Amir, M. F. (2015). Pengaruh pembelajaran konstektual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2011, 34–42. https://doi.org/10.3917/rsi.100.0107

Anggit setiari, rahmi susanti, S. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran co-op co-op terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas XI di SMA Negeri 1 Buay Madang. 22, 404–414.

Ardiansyah, & Faelasofi, R. (2019). Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal E-DuMath, 5(1), 31–37.

Aspriyani, R. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1194

Bagja sulfemi, W., & Desmiati, Z. (2006). Model pembelajaran missouri mathematics project berbantu media relief experience dalam meningkatkan hasil belajar siswa. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2003), 2006.

Di, J. (2016). Meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dengan metode co-op co-op dan strategi peninjauan kembali. Attarbiyah, 26, 205. https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.205-232

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.26638/je.460.2064

Henri, H., Syamsurizal, S., & Syaiful, S. (2018). Pengaruh model co-op co-op mandiri terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 482. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1583

Irawati, I., Hasmunir, H., & wahab abdi, A. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co- op dengan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS terpadu kelas VII MTsN Angkup Aceh Tengah. Concept and Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Istiglal, M. (2018). Pola penerapan metode co-op co-op dan strategi peninjauan kembali dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 70–90.

Lestari, K. E. K. A. (2015). Penerapan model pembelajaran M-APOS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNISKA, 3, 45–52.

Maryanti, S. (2018). Model pembelajaran kooperatif co-op co-op dengan pendekatan predict-observe-explain untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 293–302. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.2680

nadia sari, S., & Susanti, A. (2019). Eksperimentasi model pembelajaran co-op-co-op terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Naldi, F., & Susanti, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran co-op co-op terhadap pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar visual, Audio, Kinestetik Siswa Kelas VIII SMPN 43 Merangin. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 23–35. https://doi.org/10.22437/EDUMATICA.V8I01.4115

Nurafifah, L., Nurlaelah, E., & Usdiyana, D. (2016). Model pembelajaran osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 93–102. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.21

Pristanty, A. W., & Krisdiana, I. (2018). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe co-op dan realistic mathematic education ( RME ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. Prosiding Silogisme, 81, 208–214.

Qurohman, M. T. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kalkulus lanjut melalui pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(1), 32. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i1.664

Rahayu, P. (2018). Penerapan model pembelajaran missouri mathematics project dengan media kertas origami untuk meningkatkan hasil. Prosiding SNasPPM, 3(1), 148–152.

Rahmiati, R., & Fahrurrozi, F. (2016). Pengaruh pembelajaran missouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86

Rivai, M. A., & Surya, E. (2017). Analisis model pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemampuan penalaran matematika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 20–31.

Sadat, A. (2016). Implementasi model pembelajaran missouri mathematics projectdalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self- confidence siswa madrasah tsanawiyah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2(1), 1–11.

Sariningsih, R., & Purwaningsih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. Dunia Keperawatan, 1(2), 34–42.

Setyawan Putra, S., & Fitriyani, H. (2017). Pembelajaran matematika dengan model missouri mathematics projectuntuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(1), 312–319.

ulya, himmatul. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).

Yanti, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif co-op co-op terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Singkawang. Cakrawala Linguista, 1(2), 98. https://doi.org/10.26737/cling.v1i2.879

Yusri, A. Y., Andi, S., & Pangkep, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 51–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/djm.v3i3.7332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Desimal: Jurnal Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  Creative Commons License
Desimal: Jurnal Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.