ANALISIS PENERAPAN PENCAHAYAAN DI PITIMOSS FUN LIBRARY TERHADAP MINAT KUNJUNG PERPUSTAKAAN

Rosiana Nurwa Indah, Rifqi Zaeni Achmad Syam, Hikmah Agustina

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Penerapan Pencahayaan Di Pitimoss Fun Library Terhadap Minat Kunjung Perpustakaan”. Salah satu faktor untuk menunjang keberhasilan layanan di perpustakaan adalah bagaimana penerapan pencahayaan yang digunakan di perpustakaan sehingga dapat menimbulkan rasa kenyamanan dan daya tarik pengunjung untuk datang ke pitimoss fun library ini. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pencahayaan, penataan ruangan di pitimoss fun library terhadap minat kunjung perpustakaan.. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang dari pengelola dan pengunjung perpustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pencahayaan yang digunakan di pitimoss fun library sebagian besar menggunakan cahaya buatan dengan menggunakan cahaya listrik sebagai alat penerangnya. Dengan jendela yang ada di ruangan ini hanya satu sehingga cahaya matahari dan udara tidak dapat banyak masuk ke ruangan. Selanjutnya dari segi penataan ruangan, rak disini tidak terlalu tinggi sehingga menyesuaikan dengan kondisi ruangan yang tidak terlalu luas begitupun dengan penataan koleksi yang sudah berurutan sesuai genre. Akan tetapi banyak masukan dari pengunjung untuk pelebaran ruangan dan penambahan kursi, pendingin ruangan, dan meja untuk menunjang kegiatan pengunjung. Dengan adanya pitimoss fun library ini, pengunjung sangat antusias untuk datang kesini karena disini terdapat banyak koleksi fiksi seperti novel dan komik bahkan disini dikatakan taman bacaan terbesar yang berada di kota bandung. Dengan lokasi yang cukup strategis lebih memudahkan pengunjung untuk sering-sering datang kesini.


Full Text:

PDF

References


Basuki, Sulistyo. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung; Alfabeta.

. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung; Alfabeta.

. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Nurdin, Muhammad. 2013. Hubungan Promosi perpustakaan Terhadap Minat kunjung Pemustaka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin.

Siangan, T. 1981. Pencahayaan dalam Perpustakaan di Lingkungan UI (Studi Pengamatan terhadap Pencahayaan dalam 4 Perpustakaan Fakultas di Lingkungan Universitas Indonesia pada Bulan April – Juli 1981. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.

Fitrianti, Diorita, 2010. Sistem Pencahayaan sebagai Salah Satu Penunjang Kegiatan Membaca pada Perpustakaan, Studi Kasus: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Hamid, Mushniah, 2017. Analisis Pencahayaan Dan Penataan Ruang Perpustakaan Sd Negeri 77 Ganra 1 Kabupaten Soppeng Dalam Menarik Minat Kunjung Pemustaka, Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin.

Rahmi, Febrina Aulia, 2009. Evaluasi Pencahayaan Ruang Perpustakaan di Madrasah Mi’allimin Muhammadiyah Yogyakarta (Studi Ergonomi). Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/el-pustaka.v2i1.8331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal El Pustaka

Jurnal El-Pustaka is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN: 2722-6980 | e-ISSN: 2775-6939 

Creative Commons License 

View Stats