Strategi Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan Intra Kampus Di UIN Raden Intan Lampung

https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i2.10085

Riyuzen Praja Tuala, Septuri Septuri, Aditia Fradito

Abstract


This research aims to describe the strategy of fostering intra-campus student organizations at Raden Intan Lampung State Islamic University. This research includes a type of qualitative descriptive research. The main data source was obtained from informants consisting of Vice Rector III and Vice Dean III from six Faculties and one of the staff of the student and academic section of Raden Intan Lampung State Islamic University. Data collection methods include in-person interviews, non-participant observations and documentation. Data analysis techniques consist of data reduction, data presentation and conclusion withdrawal. Data validity tests are used source triangulation techniques and triangulation methods. The results showed there are five strategies for fostering intra-campus student organizations at Raden Intan Lampung State Islamic University: First, institutional development strategy. Second, The Strategy of Coaching the Field of Reasoning and Science. Third, The Construction Strategy of Areas of Interest, Talent and Favorites. Fourth, the Development Strategy for Welfare. Fifth, the Strategy of Development in the Field of Cooperation. 

Keywords: Intra-Campus Student Organization, Development, Strategy 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pembinaan organisasi kemahasiswaan intra kampus di UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian  deskriptif kualitatif. Sumber data pokok didapat dari para informan yang terdiri atas Wakil Rektor III dan para Wakil Dekan III dari enam Fakultas dan salah satu staf bagian kemahasiswaan dan akademik UIN RIL. Metode pengumpulan data meliputi wawancara langsung, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas  reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima strategi pembinaan organisasi kemahasiswaan intra kampus di UIN Raden Intan Lampung: Pertama, Strategi Pembinaan Bidang Kelembagaan. Kedua, Strategi Pembinaan Bidang Penalaran dan Keilmuan. Ketiga, Strategi Pembinaan Bidang Minat, Bakat dan Kegemaran. Keempat, Strategi Pembinaan Bidang Kesejahteraan. Kelima, Strategi Pembinaan Bidang Kerjasama.

Kata kunci: Organisasi Kemahasiswaan Intra Kampus, Pembinaan, Strategi 



Full Text:

PDF

References


Abd. Syukur, Wawancara Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Dakwah UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Ahmad Isnaini, Wawancara Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Amiruddin, Wawancara Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Alo Liliweri, Sosiologi& Komunikasi Organisasi, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2014.

Brantas, Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2009.

Pengertian Organisasi Manfaat dan Fungsi Berorganisasi, (.https://sarjanaekonomi.co.id/organisasi/), Diakses pada tanggal 5 Nopember 2020 Pukul 07.30 WIB .

Idrus Ruslan, Wawancara Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: PT Bumi Aksara), 2009

Indrawijaya I, Adam I., Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.

Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 1999.

Nur Nizla, Wawancara Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Nur, Tajudin, Wawancara Bagian Kemahasiswaan UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Miftah Thoha, Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2003

Mustika Cahyaning Pertiwi, Awang Sulistiyawan, Irma Rahmawati,dan Honest Ummi Kaltsum, Hubungan Organisasi Dengan Mahasiswa Dalam Menciptakan Leadership, Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers : ISBN: 978-602-70471-1-2, 2014

Pedoman Organisasi Kemahasiswaan UIN RIL, 2019.

Safari Daud, Wawancara Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultasw Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitiasn Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002

Sugiyono, Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi), Bandung : Alfabeta, 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2006

Sumaryanto, Pola Pengembangan Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan, MakalahDisajikan dalamacara Diskusi Pendidikan Yang diselenggarakan oleh BEM FIP UNY Di UNY Kampus Wates, 29 Mei 2012.

Veithzal Rivai dan Dedy Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta : PT Raja Gravindo Persada, 2013

Wan Jamaluddin, Wawancara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Raden Intan Lampung, 2020




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i2.10085

Article Metrics

Abstract views : 156 | PDF downloads : 196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.