Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTsN 12 Pesisir Selatan

https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i2.10134

Rini Syevyilni Wisda

Abstract


Manajemen peserta didik merupakan proses penataan, pengelolaan, pengawasan, pembinaan yang berhubungan dengan segala macam bentuk kegiatan dan aktifitas peserta didik di sekolah, dimulai dari sejak peserta didik tersebut masuk sekolah sampai siswa tersebut menamatkan pendidikannya. Proses manajemen terhadap peserta didik memberikan kontribusi yang besar terhadap kualitas pendidikan. Maka dengan demikian diperlukan pembinaan dan penataan terhadap peserta didik guna mendukung dan membantu pembentukan kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk melihat secara mendalam bagaimana implementasi manajemen peserta didik di MTsN Pesisir Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi manajemen peserta didik di MTsN Pesisir Selatan sudah sesuai dengan indicator manajemen peserta didik, terlaksana seperti halnya, Analisis kebutuhan peserta didik dengan cata melihat kebutuhan jumlah siswa disandingkan dengan ketersedian sarana dan prasarana, dan juga tenaga pendidik. Proses rekrutmen dan seleksi peserta didik, dengan membentuk panitia penerimaan siswa baru dan membuat strategi promosi madrasah ke masyarakat. Proses seleksi dilaksnakan melalui tes (tulis dan lisan) adapun materi yang diujikan yaitu pengetahuan tentang ilmu agama islam. Orientasi, orientasi yang dilaksanakan oleh madrasah bekerja sama dengan osis sekolah. Proses pengelompokkan peserta didik terlakasana siswa dikelompokkan sesuai dengan intelegences masing-masing siswa. Proses pembinaan dan pengembangan siswa terlaksana, siswa difasilitasi dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.

Full Text:

PDF

References


Aa waskito. (2010). Kamus praktis bahasa indonesia. Kawah media.

Abdullah, s. R. (2013). Inovasi pembelajaran. Bumi aksara.

Arief, a. H. S. Dan adrianus. (2010). Terampil mengolah data kualitatif dengan nvivo. Kencana.

Bahrudin. (2014). Manajemen peserta didik. Pt indeks.

Creswell j.w. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset memilih diantara lima pendekatan. Ust-press.

Eka prihatian. (2011). Manajemen peserta didik. Alfabeta.

Hamzah b. Uno dan nurdin mohamad. (2011). Belajar dengan pendekatan pembelajaran aktif inovatif lingkungan kreatif, efektif, menarik. (ii). Bumi aksara.

Hasbullah. (2010). Otonomi pendidikan. Rajawali pers.

Hasibuan, m. S. . (2000). Manajemen sdm. Bumi aksara.

Ikapi. (2006). Uud rino 20 tahun 2003 sisdiknas. Permana.

Imron, a. (2014). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Bumi aksara.

Jaja jahari. (2013). Pengelolaan pendidikan. Fajar media.

Muhammad amin. (2018). Jurnal literasiologimuhammad amin, dkk103volume 1, no. 1 januari –juni 2018implementasi manajemen kesiswaandalam meningkatkan prestasi non akademikdi smp kreatif ‘aisyiyah rejang lebong. Jurnal literasiologi, 1, 103–121.

Nurdin usman. (2002). Konteks implementasi berbasi kurikulum. Bumi aksara.

Prayitno, a. D. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Rineka cipta.

Qomar, m. (2010). Manajemen pendidikan islam. Erlangga.

Rahmawati multazimah. (2017). Implementasi manajemen peserta didik berbasis sekolah di sma al azhar kelapa gading jakarta utara. Mprovementjurnal ilmiah untuk peningkatan mutu penddikan, vol 4 no 2, 195–207.

Sondang p siagian. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Bumi aksara.

Sukardi dewa ketut. (2000). Pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Rineka cipta.

Sukmadinata, n, s. (2012). Metode penelitian pendidikan. Remaja rosdakarya.

Sururi. (2011). Manajemen rekrutmen peserta didik. Ilmu cerdas pendidikan.

Suryo subroto. (2004). Manajemen pendidikan di sekolah. Rineka cipta.

Tim dosen administrasi universitas pendidikan indonesia. (2009). Manajemen pendidikan. Alfabeta.

W. Manja. (2007). Profesionalisme tenaga kependidikan. Elang mas.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i2.10134

Article Metrics

Abstract views : 108 | PDF downloads : 87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.