MANAJEMEN KURIKULUM SEBAGAI PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN

DEDI LAZWARDI

Abstract


Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyelesaikan segala urusan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang ada melalui orang lain agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen kurikulum merupakan suatu kegiatan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. Tujuan pendidikan nasional adalah tujuan yang ingin dicapai secara nasional, yang dilandari oleh filsafah suatu negara. Sifat tujuan ini ideal, komprehensip, utuh dan menjadi induk bagi tujuan-tujuan yang ada dibawahnya.

 

Kata kunci: manajemen, manajemen kurikulum, tujuan pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Faculty of Tarbiyah and Teacher Training
Raden Intan State Islamic University, Lampung 
Jalan Endro Suratmin 1 Sukarame, Bandar Lampung, Indonesia 35131 
E-mail: al-idarah@radenintan.ac.id
Phone: (0721) 703260

Creative Commons License

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.