ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG

SRI ILHAM NASUTION

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kepemimpinan ketua jurusan terhadap Motivasi Berprestasi mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung; (2) pengaruh penasehat akademik terhadap Motivasi Berprestasi mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung; (3) pengaruh kepemimpinan ketua jurusan dan penasehat akademik secara simultan terhadap Motivasi Berprestasi mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Hasil penelitian ini adalah ; (a) Terdapat pengaruh yang positif antara Kepemimpinan Ketua Prodi terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung dengan koefisien regresi sebesar 0,105. (b) Terdapat pengaruh yang positif antara Dosen Pembimbing Akademik terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung koefisien regresi sebesar 0,010. (c) Terdapat pengaruh yang positif antara Kepemimpinan Ketua Prodi dan Dosen Pembimbing Akademik dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung dengan koefisien regresi sebesar 0,242.

 

Key word: Kepemimpinan, dosen pembimbing akademik, motivasi berprestasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v7i2.2288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publications by al-Idarah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.