Transformasi Representasi Identitas Kepemimpinan Kyai dalam Hubungan Atasan dan Bawahan

https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.2411

Akmal Mundiri, Afidatul Bariroh

Abstract


Kharisma yang dimiliki kyai merupakan salah satu power yang dapat menciptakan pengaruh dalam masyarakat. Ada dua dimensi yang perlu diperhatikan, yaitu: Pertama, kharisma yang diperoleh oleh seseorang kyai secara given, seperti postur tubuh besar, suara yang keras dan mata yang tajam serta adanya ikatan genealogis denga kyai kharismaik sebelumnya, Kedua, kharisma yang diperoleh melalui kemampuan dalam penguasaan terhadap pengetahuan keagamaan disertai moralitas dan kepribadian yang saleh, dan kesetiaan menyantuni masyarakat. Dalam dinamika pesantrem, predikat kyai yang berhubungan dengan suatu gelar yang diberikan oleh masyarakat kepada seorang ahli agama Islam yang memiliki ilmu pengetahuan mendalam tentang ajaran agama Islam atau menjadi pemimpin pesantren, kini telah terkontaminasi oleh pengaruh globalisasi yang mampu menghadirkan gejolak atau konflik, baik secara individu maupun kelompok. Dari hasil yang diperoleh, transformasi representasi identitas kepemimpinan kyai dalam hubungan atasan dan bawahan kini mulai terkikis dengan adanya transformasi globalisasi yang masuk ke dalam dunia pesantren.  Pergeseran etika dalam  hubungan atasan dan bawahan ditunjukkan dengan bentuk transformasi kepemimpinan yang terlihat dengan bagaimana cara kyai menginstruksikan bawahannya dengan tidak menggunakan tangan kanan sebagi penunjuknya. Hal lain juga digambarkan pada tingkah laku seorang kyai dengan semena-mena memerintahkan bawahannya dengan nada suara tinggi sehingga terkesan “makon” dalam bentuk perintah.

 

 

Kata kunci: Transformasi, representasi identitas, kepemimpinan Kyai 

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahim. (2012). Khalifah Dan Khilafah Menurut AlQuran. Jurnal Studi Islamika, 9(1), 19–53.

Abdul Rahim. (2012). Khalifah Dan Khilafah Menurut AlQuran. Jurnal Studi Islamika, 9(1), 19–53.

AliMutafi. (2012). Rekonstruksi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional Di Indonesia (Telaah Kurikulum Pondok Pesantren, Menuju Arah Baru Pendidikan Islam di Era Globalisasi). Jurnal Al-Qalam, XIII, 149–166.

Amin, S., & Siregar, F. M. (2015). Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Al-Qur’an. Tanzil : Jurnal Studi Al-Qur’an, 1(1), 27. https://doi.org/10.20871/tjsq.v1i1.78

Atiqullah. (2012). Varian Kepemimpinan Kolektif Pondok Pesantren Di Jawa Timur. Jurnal Karsa, 20(1).

Budiarti, L. (1998). Integrasi sdm dan kepemimpinan kyai di pesantren dan sekolah. Jurnal Al-Qalam, XIII, 120–128.

Budiman. (2015). Pengaruh Kualitas Hubungan Antara Atasan – Bawahan Terhadap Perilaku Kerja Kontra Produktif Studi Pada Perawat Rumah Sakit Khusus Mata Palembang. Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 35–41.

Darsono. (1999). Kepemimpinan Transformasional, (1998).

Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan konteks peningkatan mutu pendidikan, II(2).

Hakim, A., Hadipapo, A., Islam, U., & Agung, S. (2015). Peran Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia Di Wawotobi. Jurnal Ekobis, 16(1), 1–11.

Harijanto, S. (2008). Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Atas Di Jakarta Timur, 2(1), 80–91.

Hariri, R. El. (2011). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Terhadap Kinerja Layanan Akademik Pegawai Di Universitas Pendidikan Indonesia, 10(19), 32–41.

Herman. (2013). Sejarah Pesantren Di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 145–158.

Kesuma, A. S. (2009). Pandangan ulama tentang kepemimpinan dalam negara islam, 4(1), 120–132.

Ma’rufah, Andik Matulesy, N. (2014). Persepsi Terhadap Kepemimpinan Kiai , Konformitas Dan Kepatuhan Santri Terhadap Peraturan Pesantren. Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 97–113.

Mahfud. (2014). Transformasi Pendidikan Pondok Pesantren Hasan jufri Sangkapura Bawean Gresik. Jurnal Didaktika Religia, 2(1), 107–134.

Muhammad Anwar, H. (2013). Modernisasi Pesantren: Pergeseran Tradisi Dan Pudarnya Kyai. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 19–42.

Mundiri, A. (2014). REKONSTRUKSI EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS SPIRIT INTEGRALISTIK. At-Turas, 1(1), 23–51.

Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). CORAK REPRESENTASI IDENTITAS USTADZ DALAM PROSES TRANSMISI PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No, 21–35.

Muzaki. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kyai Terhadap Kecerdasan Emosi Santri Di Pondok Pesantren Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Cirebon. Jurnal Holistik, 14(1), 79–100.

Nurhayati, T. (2012). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja. Jurnal Edueksos, I(2), 77–92.

Rasim, A. (2014). Tipologi Dan Karakter Ideal Kepemimpinan Dunia. Jurnal Lingkar Widyaiswara, (1), 46–52.

Sakdiah. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam ( Kajian Historis Filosofis) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan, 22(33), 29–49.

Sebastianus Dhimas Rangga Saputra, F. H. (2015). Hubungan Antara Kualitas Interaksi Sosial Atasan Bawahan dan Persepsi Terhadap Kompensasi dengan Komitmen Organisasi Pada Member Perusahaan Multi Level Marketing PT. Herbalife Indonesia. Jurnal Psikodimensia, 14(1), 49–66.

Sutanto, E. M. (2000). Peranan Gaya Kepemimpinan yang Efektif dalam Upaya Meningkatkan Semangat dan Kegairahan Kerja Karyawan di Toserba Sinar Mas Sidoarjo. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 2(2), 29–43.

Syarif, Z. (2017). Manajemen kepemimpinan kiai dan kontribusinya terhadap mutu pendidikan pesantren. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(2), 521–531.

Umar Sidiq. (2014). Kepemimpinan Dalam Islam: Kajian Tematik Dalam Al-Quran Dan Hadits. Jurnal Dialogia, 12(1), 127–141.

Walid, M. (2011). M.Walid, Kepemimpinan Spiritual Kharismatik. Jurnal Falasifa, 2(2), 13–36.

Widodo, U. (2006). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Bawahan ( Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Semarang ) Influenced Leadership Style Analize And Work Satisfaction With Lower Workers ( Empiris Study On The University . Jurnal Fokus Ekonomi, 1(2).

Zaeny, A. (2015). Khilafah Islamiyah Dan Profil KEepemimpinan Pada Lembaga Keagamaan Di Indonesia. Jurnal Tapis, 11(2).

Al-Maraghi, A. M. (1992). Terjemah Tafsir Al-Maraghi. Semarang: CV. Toha Putra.

Al-Qur'an, L. P. (2014). Tafsir Al-Qur'an Tematik. Jakarta.

Baharuddin, U. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. (1993). Metode Reserch II. Yogyakarta: Andi Offset.

Mas'ud, A. (2004). Intelektual Pesantren. Yogyakarta: LKiS.

Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yasid, A. (2018). Paradigma Baru Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: IRCiSoD.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.2411

Article Metrics

Abstract views : 780 | PDF downloads : 588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.