KONTRIBUSI PSIKOLOGI ORANGTUA MURID DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: STUDI ANALISIS LAYANAN SDIT BAITUL JANNAH

Esen Pramudya Utama

Abstract


Lembaga pendidikan dan orang tua memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan anak-anak. Sekolah adalah tempat kedua bagi anak-anak untuk mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan. Sekolah yang bagus dan sesuai dengan karakter anak akan mampu membimbing anak-anak menuju masa depan yang lebih baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua memilih sekolah yang terdiri dari faktor internal orangtua, internal sekolah atau lingkungan. Penulis ingin melihat faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih sekolah berdasarkan indikator internal sekolah. Indikator internal sekolah yang dipertanyakan meliputi: ketepatan, kecermatan dan kecepatan pelayanan, kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang timbul, kesediaan dan keterbukaan menerima setiap keluhan, bertanggung jawab atas kualitas produk dan kebijakan penetapan harga yang sesuai, bertangung jawab atas pendidikan agama dan keselamatan, kemudahan dalam memberikan dan menyajikan berbagai informasi, memberikan perhatian khusus kepada anak didik, dan fasilitas serta tata ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana orang tua memilih sekolah untuk anak-anak mereka, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SDIT Baitul Jannah dengan deskriptif kualitatif menggunakan quisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam secara umum telah mengalami dinamika. Sekolah-sekolah Islam sekarang diasumsikan menjadi tren bagi masyarakat perkotaan dan komunitas kelas menengah atas. Keberadaan sekolah-sekolah Islam dengan sistem sekolah siang penuh adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat perkotaan yang sibuk dan cemas dengan pendidikan agama anak-anak mereka.

Full Text:

PDF

References


Bitner Mary Jo., 1990. “Evaluating Service Encoun-ters: The Effectcts of Physical Surroundings and Employee Responses.” Journal of Marketing. Vol. 54 (April, pp. 69-82).

Kotler, Philip. 2000. Marketing Managemet The Millenium Edition.Ten Edition. USA: Prentice-Hall, Inc.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Massie James D., 1998. Menciptakan Kepuasan Pelanggan Melalui Quality Function Deploy-ment (QFD): Alternatif Meraih Keunggulan Operasional Perusahaan Dan Membangun relatioship Marketing. Majalah Efisiensi. Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi.

Sarlito W. Sarwono, 2001. Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publications by al-Idarah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.