PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PONDOK PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT: Studi Kasus Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Nurul Ulum Munjungan

Imam Nurhadi

Abstract


Pondok Pesantren memiliki basis sosial yang jelas, karena keberadaannya menyatu dengan masyarakat. Pada umumnya, pesantren hidup dari, oleh, dan untuk masyarakat. Hal ini menuntut adanya peran dan fungsi pondok pesantren yang sejalan dengan situasi dan kondisi masyarakat, bangsa, dan negara yang terus berkembang. Dan sebagian yang lain sebagai suatu komunitas, pesantren dapat berperan menjadi penggerak bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisifasif, dan dokumentasi. Teknik analisisdata meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekkan ke absahan temuan dilakukan dengan derajat kepercayaan (crebelity), keteralihan (transferabily), keberngantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Informan peneliti yaitu Pengasuh, pengurus/ustadz, santri, alumni dan beberapa masyarakat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pemberdayaan Masyrakat Dalam Bidang dalam bidang Keagamaan Pondok Pesantren Nurul Ulum mempunyai beberapa kegitan yaitu: Asosiasi Santri  At-Taufiq. (2) Pemberdayaan Dalam Bidang Pendidikan.Dalam bidang pendidikan ini, Pondok Pesantren Nurul Ulum Munjungan telah mewujutkan peranya pada masyarakat sekitar yaitu membangun sekolah formal berupa TK dan SD (3) Pemberdayaan Dalam Bidang sosial. Sebagimana yang telah dipaparkan dalam bab sebelumnya bahwa pemberdayaan sosial ini telah melakukan: Membagun masjid 3 Masjid, pemberian modal dan lapangan pekerjaan kepada orang yang membutuhkan, penghijauan lingkungan yaitu penanaman pohon.

Full Text:

PDF

References


Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Djamaluddin, & Abdullah Aly, 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Harry Hikmat, Strategi Pemberdayaan Masyarakat (Bandung: Humaniora, 2000

Hasyim, Yusuf. “Peranan dan Potensi Pesantren dalam Pembangunan”, dalam Manfred Oepen dan Wolfgang Karcher, (ed.), Dinamika Pesantren: Dampak Pesantren dalam Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat, Terj. Sonhaji Saleh, Jakarta: P3M, 1988.

Hasbullah, 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

M. Dawam Raharjo, 1985. Pergulatan Dunia pesantren, Jakarta: P3M

Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS

M.Bahri Ghazali, 2003. Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: Prasasti

Matthew B. Miles dan A. Michel Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press, 1992

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Mukti Ali, Beberapa Persoalan Agama Dewasa ini, Jakarta: CV. Rajawali,

Nafik Ummurul Hadi, Candra Fajri Ananda, Pudjiharjo Pudjiharjo, Moh. Khusaini, The Happiness index as a New and Complementary Measurement of Development as Aplied to Each Province of Indonesia. International Journal Of Economics and Financial Issue sebagai modal sosial.2018

Nanih Machendrawati dan Agus Ahmad Syafei, Pengembangan Masyarakat Islam: Dari Ideologi, Strategi sampai Tradisi, Bandung:: Rosda Karya, 2001.

Raharjo, Dawam. Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta: LP3ES, 1974.

Raharjo, M. Dawam. Pergulatan Dunia Pesantren Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M, 1985.

Suyanto, Bagong. “Pemberdayaan Komunitas Marginal di Perkotaan”, dalam Moh. Ali Aziz, et. Al (ed.), Dakwah Pemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi Metodologi, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005.

Sulthon, M. dan Moh. Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global, Yogyakarta: LaKsBang Pressindo, 2006.

Ziemek, Manfred. Pesantren dalam Perubahan Sosial, Jakarta: P3M, 1986.

Zubair, Charis dan Bakker, Anton. Metodologi penelitian Filsafat, Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publications by al-Idarah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.