Impelementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Kejuruan

Hartoni Hartoni

Abstract


Sarana dan prasarana pendidikan adalah salah satu dari beberapa sumber daya yang penting dalam kemajuan suatu lembaga. Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mendiskripsikan implementasi manajemen sarana prasarana di SMK, 2) Untuk mendeskripsikan proses manajemen sarana dan prasarana di SMK. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian yang data-datanya berupa kata-kata yang berasal dari wawancara, catatan laporan, dokumen yang didalamnya mengutamakan untuk pendiskripsian. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, implementasi manajemen sarana prasarana di SMK dilakukan secara optimal dan proses manajemen sarana prasarana pendidikan di SMK dilaksanakan secara berurutan, dimulai dari perencanaan pengadaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan agar selalu dalam kondisi rapih, tertib dan teratur.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Tinggi Dalam Upaya Peningkatan Mutu. Jurnal Penjaminan Mutu, 87–99.

Ariyanto, D., Wiharna, O., & Noor, R. A. M. (2017). Studi Eksplorasi Sarana Dan Prasarana Praktik Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Dan Pemindah Tenaga Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 163–168.

Bafadal, I. (2018). Manajemen Implementasi Kurikulum Dan Pembelajaran Berbasis Tauhid Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 188–197.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sdn Sungai Miai 5 Dan Sdn Surgi Mufti 4 Di Banjarmasin. JURNAL ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA, 3(2), 452–461.

Bimantara, Z. A., Handayani, S. R., & Dwiatmanto. (2017). Analisis Pengendalian Intern Dalam Sistem Akuntansi Pasien Umum ( Studi Pada Rumah Sakit Ibnu Sina Bojonegoro ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 45(1), 203–209. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1775/2147

Dady, F., Ilat, V., & Pontoh, W. (2017). Analisis Sistem Akuntansi Dan Prosedur Pembayaran Klaim Jaminan Kematian Pada Pt. Taspen (Persero) Cabang Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(1), 63–72.

Darmawan, B. (2016). Pengaruh layanan pembelajaran, sarana-prasarana, kerjasama institusi, dan pemasaran lulusan terhadap kepuasaan siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, XX111(1), 141–167.

Fauzan, A. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Hisbullah Natar Lampung Selatan. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 249–276.

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Iinteraktif Berbasis Articulate Studio’13 : Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas x. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Komariah, N. (2018). Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan di SDI Wirausaha Indonesia. Jurnal Perspektif, 16(1), 107–112.

Muhammad, S., & Rahman, M. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Pendidikan, 15(25), 610–620.

Mulyani, A. (2012). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Smk Sekabupaten Purwakarta. Jurnal Adminisistrasi Pendidikan, 14(1), 86–92.

Novita, M., Pendahuluan, A., & El-islam, N. (2017). Sarana dan prasarana yang baik menjadi bagian ujung tombak keberhasilan lembaga pendidikan islam. Jurnal Nur El-Islam, 4(2), 97–129.

Nur, D., Sari, A., Bafadal, I., Wiyono, B. B., & Malang, U. N. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213–221.

Pratiwi, K., & Suyatmin. (2017). Dukungan Kualitas Input Siswa , Komitmen Guru , Sarana Dan Prasarana Terhadap Kemandirian Belajar Kimia Di Smk. Jurnal Managemen Pendidikan, 13(1), 91–107.

Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), (2), 56–65. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf

Setiawan, D. F. (2016). Relevansi Rencana Pembelajaran Dalaminternational Standar Organisation (Iso) 9001:2008 Terhadap Rencana Pembelajaran Dalam Standar Proses Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) David. Jurnal Equilibria Pendidikan, 1(1), 13–26.

Syahputra, E. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Prasarana Belajar, Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Siswa Di Smpn 1 Kecamatan. Pagu Kabupaten. Kediri. Jurnal Aplikasi Administrasi, 18(1), 50–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.