Manajemen Karakter Peserta Didik melalui Keterampilan Menulis Kritis

https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3118

Yasinta Mahendra

Abstract


Manajemen adalah proses yang dikerjakan untuk mencapai tujuan, baik perorangan maupun organisasi. Sedangkan karakter sendiri bermakna watak, tabiat, atau sifat-sifat kejiwaan yang ada dalam diri seseorang, dapat berasal dari keturunan atau ada faktor lain yang dapat mempengaruhi  kakater itu sendiri. Karakter berpengaruh pada model fikiran yang akan dihasilkan seseorang nantinya dalam berfikir dan menentukan sikap. Maka sebaiknya karakter harus di bentuk sejak usia sedini mungkin agar setiap anak terbiasa dengan pola fikir yang positif namun kritis. Kesalahan dalam mendidik anak dapat berakibat pada rendahnya karakter yang dimiliki anak.

Menulis adalah penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai medianya. Keterampilan menulis dikuasai hampir sebagian besar orang terutama dalam dunia akademisi, karena kaum akademisi biasnya dikenal dengan istilah kaum intelektual dan identik dengan kritis. Untuk itu ada korelasinya antara menulis kritis dengan manajemen karakter peserta didik, yang diharapkan nantinya pembelajaran menulis kritis ini dapat menguatkan karakter yang ada dalam diri setiap peserta didik.

 

Kata Kunci : Manajemen, Menulis kritis, Karakter

Full Text:

PDF

References


Waskito. 2010. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Kawah Media

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Selatan: Rineka Cipta. 2013

Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok : Raja Grafindo

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Karwati, Euis, Priansa. 2015. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta

Koesoema. Doni A. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Mu’in. Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik dan Praktik.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3118

Article Metrics

Abstract views : 649 | PDF downloads : 449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.