Pengaruh Kepribadian Guru Agama terhadap Minat Belajar Siswa

https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3180

Trisna Wati

Abstract


Guru memiliki peranan penting dalam peningkatan minat belajar siswa. Oleh karena itu guru tidak hanya dituntut untuk pintar dalam hal ilmu, tapi juga dituntut untuk memiliki kepribadian yang baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kepribadian guru agama berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Alhidayat Gerning Tegineneng Pesawaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Alhidayat Gerning Tegineneng Pesawaran yang seluruhnya berjumlah 100 siswa, kemudian diambil 30 siswa sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kepribadian guru agama sebagai variabel bebas dan minat belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan angket. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan ada pengaruh dari kepribadian guru agama terhadap minat belajar siswa. Setelah data dianalisis dengan menggunakan sistem korelasi product moment dan diperoleh rxy sebesar 0,673, kemudian dikonsultasikan dengan tabel r product moment dengan N = 30, maka diperoleh r pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,361, maka dapat berarti bahwa nilai rxy lebih besar dari nilai rtabel (0,361<0,673). Jadi hipotesis yang menyatakan, “ada pengaruh dari kepribadian guru agama terhadap minat belajar siswa”  di Madrasah Aliyah Alhidayat Gerning Tegineneng Pesawaran, bisa diterima.

 


Full Text:

PDF

References


Departement Pendidikan dan Kebudayaan. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Hajar, I. Dasar- dasar Penelitian Kwantitatif dalam Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mahyudin, M.S.(2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Matematika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung Tahun 2010/2011

Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sa’diyah, C. (2010). Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa (Studi Kasus Di MTs Alfurqon Kalirandu Kec. Petarukan, Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010)

Sudijono, A. (2008), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Trisnawati & Muyasaroh,I. (2015). Penanaman Nilai Moral Melalui metode Bercerita di Raudhatul Athfal:Raudhatul Islah Margosari Pagelaran Utara Pringsewu . Jurnal JPGMI Vol.1 No.1 2015 halaman: 61-67.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3180

Article Metrics

Abstract views : 556 | PDF downloads : 438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.