Penanaman Karakter Islami Berbasis School Branding di SMPN 3 Slahung Ponorogo

https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3423

Syamsul Arifin

Abstract


Temuan penelitian ini adalah (1) Strategi Penanaman Karakter Islami berbasis School branding di SMPN 3 Slahung Ponorogo adalah melalui nilai religius dan lingkungan adiwiyata. Nilai religius terdiri dari 2 pokok yang pertama kegiatan ibadah  dan kedua akhlak.  Displin diri dibagi menjadi 4 yaitu disiplin masuk sekolah, disiplin mengikuti pelajaran, displin berpakaian, dan displin bergaul. Sedangkan Lingkungan adiwiyata melalui kegiatan pengelolaan sampah, pengelolaan air limbah, pengelolaan green house, dan pengelolaan kebun buah. School branding adalah memberdayakan lingkungan sekitar menjadi lingkungan adiwiyata serta dalam publikasi kegiatan dan program yang menonjol melalui media elektronik seperti blog, facebook dan koran. Faktor pendukung dan faktor penghambat Penanaman Karakter Islami berbasis School branding di SMPN 3 Slahung Ponorogo adalah faktor pendukung meliputi adanya buku-buku agama, adanya sarana tempat ibadah yang memadai, adanya kegiatan keagamaan, partisipasi yang kompak oleh warga sekolah, dan SMPN 3 Slahung sebagai sekolah yang mampu melakukan school branding dengan sekolah yang religius dan lingkungan adiwiyata. Sedangkan faktor penghambat meliputi waktu yang kurang memadai, kurangnya ilmu keagamaan siswa, dan siswa kurang terbimbingnya agama di rumah dan di masyarakat.

 


Full Text:

PDF

References


A.Michael Huberman, dan Matthew B. Miles. Analisis data kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. Jakarta : UI Press, 1992.

Arifin, HM., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara, 1987.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

B. Miles, Matthew & Huberman, A. Michael, Analisis data kualitatif Terj. Tjejep Rohidi, Jakarta : UI Press, 1992.

Daradjat, Zakiyah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1996.

Daroeso, Bambang, Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila, Surabaya: Aneka Ilmu, 1986.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus BesarBahsa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008

Dewi, Jo kumala, dkk. Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Jakarta: Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo, 2007.

Fauzan Almansur, dan M. Djunaidi Ghony. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2017.

Ghony, M. Djunaidi dan Almansur, Fauzan Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2017.

Irwanto, Saputro, A. D., Rohaeti, E., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Promoting Critical Thinking and Problem Solving Skills of Preservice Elementary Teachers through Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL). International Journal of Instruction, 11(4), 777-794. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11449a

Isna, Mansur, Diskursus Pendidikan Islam, Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2001.

Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, Jakarta: Gramedia, 2002.

Kumala Dewi , Jo, dkk, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Jakarta: Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo, 2007.

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2017.

Nur Laili, Ferdiana, dkk, “Hubungan Antara Brand Image Dan Motivasi Dengan Keputusan Peserta Didik Memilih Sekolah Di SMA Negeri 1 Sidayu Kabupaten Gresik,” Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie. Vol 3, No 01 Februari 2015.

Purwati, Eni, dkk. Pendidikan Karakter (Menjadi Berkarakter Muslim-Muslimah Indonesia. Surabaya: Kopertais IV Press, 2014.

SAPUTRO, A.D., 2015. IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SEKOLAH/MADRASAH. AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 5(2).

SURYANTO, Tulus; RAHMAT, Abdul. PATH ANALYSIS ORGANIZATIONAL COMMITMENT AND MICRO CULTURE AGAINST LEADERSHIP LECTURER IN HIGHER EDUCATION. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 27-42, july 2018. ISSN 2356 2420. http://e journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/1127.

Thoha, Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Qadir Ahmad, Muhammad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3423

Article Metrics

Abstract views : 545 | PDF downloads : 400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.