Pendidikan Madrasah Berbasis 4.0 dalam Bingkai Manajemen Mutu

Samsul Bahri

Abstract


Abstrak

Tulisan ini mengkaji pendidikan madrasah berbasis 4.0 dalam bingkai manajemen mutu dengan pendekatan sejarah dan metode desriptif analitis. Studi ini menyimpulkan bahwa dunia institusi pendidikan madrasah mempunyai banyak persoalan, oleh karena itu, aplikasi pada sistem manajemen mutu yang berbasis 4.0 dalam meningkatkan kualitas untuk melahirkan produk yang mempunyai kecerdasan kognitif dan afektif,  psikomotorik dan mempertahankan muatan madrasah dengan ciri khas pendidikan karakater dan jati diri luhur berlandaskan nilai-nilai agama dan mampu mendisrupsikan diri dalam era 4.0. belum maksimal, memerlukan kebijakan pemerintah dengan menyediakan anggaran yang cukup, sehingga madrasah dapat menghidupi para guru-gurunya, melengkapi sarana dan prasarana pendidikannya, menyediakan buku-buku pelajarannya yang berbasis digital, insya Allah persoalan ini dapat terselesaikan. Undang-Undang Sistem pendidikan Nasional yang berhasil disahkan beberapa tahun lalu, kiranya memberikan peluang bagi pemerintah memberikan perhatian secukupnya terhadap seluruh lembaga penyelenggara pendidikan, termasuk pendidikan madrasah.

Abstract

This paper examines 4.0-based madrasa education in a quality management frame with descriptive historical methods. This study discusses the world of madrasa education has many opinions, therefore, the application of the 4.0-based quality management system in improving quality to produce products that have cognitive and affective, psychomotor intelligence and maintain schools with distinctive characteristics of character and noble identity based on values religious values and being able to self-regulate in the 4.0 era. not maximal, it requires government policy by providing sufficient budget, so that madrasas can support their teachers, complete their educational facilities and infrastructure, provide digital-based textbooks, God willing, which can be easily resolved. The National Education System Law, which was passed several years ago, would provide an opportunity for the government to give adequate attention to all educational institutions, including madrasa education.

 

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru, Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 2000.

_______, Islam Substantif: Agar Umat Tidak Jadi Buih, Bandung: Mizan, 2000

_______, Paradigma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan demokratisasi, Jakarta, Kompas, 2002.

Abdur Rahman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa; Visi, Misi dan Aksi, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 2006.

Dauly, Haidar Putra, Historisitas dan eksistensi Pesantren, Madrasah, sekolah, Yogyakarta, Tiara Wacana, 2001.

Fajar, A. Malik, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam, Jakarta, LP3NI, 1998.

__________, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung, Mizan, 1998.

Fattah, Nanang, Standar Pembiayaan Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2012.

_______, Sistem Penjamin Mutu Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2012

_______, Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2012

Hanun, Asrohah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, Logos wacana Ilmu, 2001.

Husni, Rahim, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia, Jakarta, logos, 2005.

Jauhar, Vol I. No. 1, Desember, 2000.

Maksum, Madrasah dan Sejarah Perkembangannya, Jakarta, Logos, 1999.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 1999.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2007.

_______, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, h. 2000.

_______, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta, 2003.

Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, Logos wacana Ilmu, 2001.

Rhenald Kasali, Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup” Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2017,

Shaleh, Abdur Rachman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Visi,Misi dan aksi, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2006.

Stanton, Charles Michael, Pendidikan Tinggi dalam Islam, Jakarta, Logos, 1994.

Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah, dan Sekolah, Jakarta, LP3ES, 1986.

Suwito, “Kurikulum Berbasis Kompetensi”, dalam makalah seminar sambutan atas nama Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, pada acara Workshop, pada Program Studi Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi, Jakarta, 17 April 2003.

Sigit Priatmoko, Memperkuat Ekstensi Pendidikan Islam Era 4.0 dalam jurnal Studi Pendidikan Islam, Ta’lim, Vol. 1 No.2, 2018

Yatim, Badri, dkk, Sejarah Perkembangan Madrasah, Jakarta, Depag RI, 1999.

Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan di Indonesia, Jakarta, Pustaka Mahmudian, 1960.

Defening Quality in Education oleh UNICEF tahun 2000

Understanding Education Quality, dalam EFA Global Monitoring Refort Chapter 1, tahun, 2000,

Kementrian Agama, Desain Pengembangan Madrasah, Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2005

Fadjar, A.M. (1998). Madrasah dan tantangan modernitas. Bandung: Mizan

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana, Total quality management (TQM). Yogyakarta: Penerbit Andi2003

Furchan, A, Transformasi pendidikan Islam di Indonesia: Anatomi keberadaan Madrasah dan PTAI. Yogyakarta: Gama Media, 2004.

Greenwood, M.S. and Helen J.G, Total quality management for school. Wiltshire: hassell,1994

Nurhayati Djamas, Madrasah mandiri. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan. 2005.

Sallis, E. Total quality management in education. Philadelphia: Cogan Page,1993

Soegito, Total Quality Management. Semarang: UNNES, 2002.

Soewarso Hardjosoedarmo,Total quality management. Yogyakarta: Andi. 2002

Umedi, Manajemen mutu berbasis sekolah/madrasah (MMBS/M). Jakarta: Pusat Kajian Mutu Pendidikan,2004.

Bambang Hadi Wiardjo dan Sulistijarningsih Wibisono Memasuki pasar internasional dengan ISO 9000, sistem manajemen mutu. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996.

Bonstingl, J.J. Quality of school. California: Corwin Press, 2001.

Bush, T., Theories of educational management. London: Paul Chapman Publishing, 1986.

Sumber internet

Zaskia, “Beberapa kelemahan mendasar madrasah”, izaskia.wordpress.com/.../beberapa-kelemahan-mendasar-madrasah-1/ - dalam Google.com 11 Januari 2013, 11.23 pm

www.dikdasmen.depdiknas.go.id,: h. 7-8 diakses tanggal 7 Januari 2012

Artikel Bulletin Pengawasan No 13&14 Tahun 1998, http: www.google.co.id diakses tanggal 7 Januari

Disampaikan pada Pelatihan Supervisi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah Tahun 2001, BEP Depag di Pusat Pendidikan Infantri, Bandung.2 Sekretaris Ditjen Kelembagaan Islam, Depag.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.4654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.