Paradigma Baru Kepemimpinan Madrasah

Iwan Sopwandin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan paradigma baru kepemimpinan dimadrasah. Metode penelitian yang dihunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Kepemimpinan transformatif merupakan jenis kepemimpinan baru (new leadership paradigm) yang dipandang efektif untuk mendinamiskan perubahan, terutama pada situasi lingkungan yang bersifat transisional. Hasil penelitian menunjukan adanya pergeseran paradigma kepemimpinan di Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah. Kepala Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah telah memiliki dan memenuhi kelima komponen yang menunjukan karakteristik kepemimpinan transformatif yang dikemukakan oleh Bass & Avolio.


Full Text:

PDF

References


Andang. (2014). Manajemen & kepemimpinan kepala sekolah. Yogyakarta: Arruz Media.

Indarti, L. (2017, Juni). Dimensi-Dimensi Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam. TA’ALLUM, 05(01).

Intan Silvana Maris, d. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2).

Komsyiah, I. (2016, November). Kepemimpinan Transformatif perkembangan dan implementasinya pada lembaga pendidikan. TA’ALLUM, 4(2), 295-297.

machali , I., & Hidayat, A. (2018). The Handbook Of Education Management. Jakarta: Prenadamedia.

Nurkholis. (2006). Manajemen berbasis sekolah. Jakarta: Grasindo.

Raharjo, S. T. (2006, Juli). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kinerja karyawan (studi empiris pada Depag Kabupaten kendal dan Depag Kota Semarang. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 3(2).

Robbins, S. (2002). Perilaku Organisasi . Jakarta: Penerbit Erlangga.

Shulhan, M. (2017, November). Dialektika Gaya Kepemimpinan Transformatif Dan Madrasah Unggul Dalam Perspektif Kebijakan Daya Saing Pendidikan Bermutu. TA’ALLUM, 5(2).

Usman, M. U. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.4766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.