Manajemen Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta

https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5192

Asti Faticha Nurjanah, Nur Karimah, Aghita Wahyuningsih

Abstract


Manajemen peserta didik berkaitan erat dengan keputusan manajemen sekolah tentang perencanaan, penetapan persyaratan, dan tatacara penerimaan peserta didik baru pada setiap tahun pelajaran. Manajemen peserta didik berkaitan dengan penataan dan pengaturan terhadap segala kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik mulai dari peserta didik itu masuk sekolah sampai lulus sekolah. Manajemen peserta didik tidak semata pencatatan data peserta didik akan tetapi meliputi aspek yang lebih luas yaitu dapat membantu upaya pertumbuhan anak melalui proses pendidikan di sekolah. Maka dari itu, dilakukanlah studi lapangan di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta untuk mengetahui bagaimana proses manajemen peserta didik di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam studi lapangan ini adalah metode wawancara dengan narasumber yaitu salah satu guru di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dari hasil studi lapangan didapatlah data mengenai manajemen peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Data tersebut berisikan mengenai tata cara penerimaan peserta didik baru, adakah masa orientasi peserta didik baru, bagaimana pembagian kelasnya, penilaian, pembinaan ekstrakulikuler, bagaimana proses mutasi peserta didik, serta pembinaan kedisiplinan yang diterapkan pada peserta didik.


Full Text:

PDF

References


tkjsmkmuha, profil smkmuh 2 yk, https://3tkjsmkmuha.wordpress.com/profil-smkmuh-2yk/ (diakses pada 09 Oktober 2019)

Basilius R. Werang, 2015, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: Media Akademi.

Bahrudin, 2014, Manajemen Peserta Didik, Jakarta: PT Indeks.

Chinseo, Jun dkk, Manajemen Peserta Didik di SMP Alfa Centauri Bandung Laporan Studi Lapangan, https://www.academia.edu/8489571/MANAJEMEN_PESERTA_DIDIK_DI_SMP_ALFA_CENTAURI_BANDUNG (diakses pada 9 Oktober 2019)

Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Junaidi, “Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Pada MAN Beringin Kota Sawahlunto”, Jurnal al-Fikrah, Vol. III, No. 1, Januari-Juni 2015.

Kompri, 2015, Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurul Rahmi, “Persepsi Guru tentang Manajemen Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Gugus II Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol 2 No.1, Juni 2014.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5192

Article Metrics

Abstract views : 679 | PDF downloads : 531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.