Pola Pengembangan Pendidikan Karakter dengan Memberdayakan SDM Madrasah

Septuri Septuri

Abstract


ABSTRAK:

Pendidikan karakter adalah hal yang penting. Dalam Islam, karakter merupakan bagian dari Akhlak, yaitu kecenderungan jiwa untuk berperilaku secara otomatis.  Perilaku tersebut dalam Islam disebut akhlakul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola, implementasi dan implikasi pendidikan karakter di lembaga pendidikan pondok pesantren Al Fattah Al Muhajirun Kecamatan Natar di kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian menggunakan paradigma interpretatif melalui pendekatan kualitatif, jenis studi yang dilakukan adalah studi kasus. Alat analisis yang digunakan adalah model analisis kualitatif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah: menemukan bahwa pola pengembangan pendidikan karakter yang signifikan adalah melalui pembiasaan habituasi dan pembiasaan dalam belajar. Keterlibatan Guru, karyawan, pimpinan, dan segenap pengurus pondok pesantren sebagai teladan dan sistem hukuman serta apresiasi dan komunikasi telah mengakomodasi pola pendidikan karakter yang ideal. Implementasi pendidikan karakter pada lembaga ini juga melibatkan masyarakat lingkungan pondok pesantren sehingga terjadi sinergi antara semua elemen pendidikan. Evaluasi pendidikan karakter dilakukan pada akhir tahun. Implikasi pendidikan karakter tersebut menimbulkan rasa puas bagi orang tua murid atau wali siswa.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Afiful Ikhwan. 2016. Manajemen pengembangan kurikulum Keaswajaan dan Kemuhammadiyahan dalam Pembentukan karakter: Studi Multikasus di Madrasah Tinggi Agama Islam Diponegoro dan Madrasah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung. Malang: Disertasi Pascasarjana MPI UIN Malang

Moh. Said, Pedidikan Karakter di Madrasah. Surabaya: PT Temprina Media Grafika, 2011.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendididkan Karakter perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Diantoro, F., (2018). Positioning Madrasah dalam Penguatan Pendidikan Karakter. AL-HAYAT, 2(1), 105-127. Diperoleh dari http://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/22

Samsuri, S.,., M., &., M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Keadilan Gender dalam Perspektif Islam. AL-HAYAT, 2(2), 202-212. Diperoleh dari http://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/26

Mawardi, D., &., S. (2018). Konsentrasi Pengembangan Program Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. AL-HAYAT, 2(2), 213-230. Diperoleh dari http://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/35

Mujamma'Khadim al Haramain sebagai Syarifain al Malik Fahd li Thiba'at al Mush-haf asy-Syarif, Al - Quran dan terjemahannya. Madinah Munawwarah: Syarifain al Malik Fahd, 1411 H.

Darmiyati Zuchdi, dkk. 2010, http://scholar.google.co.id, diunduh tanggal, 14 Maret 2015

Doni Koesoema A., Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Grassindo, 2007.

Dharma Kesuma, dkk. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Madrasah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Doni Kusuma A., Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, 2007.

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Departemen Agama RI, Al-qur'an Tajwid Warna dan Terjemahnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Tim Penulis, Alqur'anulkarim; Syamil al-Qur'an-keajaiban referensi. Jakarta: Sygma Publishing Group, 2014.

Munjin, M. (2017). Modal Sosial: Membangun Kepercayaan Sebagai Strategi Pengembangan Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Dasar Islam (MI) Istiqomah Sambas Purbalingga). AL-HAYAT, 1(1), 40-71. Diperoleh dari http://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/5

Dharma Kesuma, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik dimadrasah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islami (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 184. Diperoleh dari http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum/article/view/574

Ikhwan, A. ( 2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur'an dan Hadist). Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 129.

Ikhwan, A. (2018 a). Penerapan Manajemen Hubungan Madrasah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Al-Hayat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–16. Diperoleh dari http://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/19

Ikhwan, A. (2018 b). Sistem Kepemimpinan Islami Instrumen Inti Pengambilan Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam,

Muhayat, I. (2019). Pengembangan Posisi Guru di Lembaga Pendidikan Islam: Guru sebagai Pendidik Profesional, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.24269/ijpi.v4i1.1640.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.