Persepsi Dosen Prodi PGMI dan PGRA terhadap Remunerasi di UIN Raden Intan Lampung

https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5509

Nurhasanah Leni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan remunerasi dosen   UIN Raden Intan Lampung, memaparkan persepsi dosen prodi PGMI dan PGRA terhadap remunerasi di  UIN Raden Intan Lampung, dan menjelaskan yang menjadi kendala dalam penerapan remunerasi dosen    UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan perspektif budaya, yaitu dianalisis dengan menggunakan teori antropologi fungsional Malinowski. Wawancara merupakan salah satu metode penelitian yang sering digunakan dalam penelitian ilmu sosial. Indepth interview biasanya dikombinasi dengan observasi untuk mendapatkan hasil secara lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dosen PGMI dan PGRA terhadap remunerasi di UIN Raden Intan Lampung memiliki nilai positif, walaupun masih terselip kritik. Remunerasi memiliki fungsi penggunaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien,  mendorong stabilitas dan pertumbuhan kinerja, dan terciptanya kerja sama yang serasi dan memberikan kepuasan kepada semua pihak. Dengan demikian remunerasi memiliki fungsi yang sangat positif bagi semua pihak, perguruan tinggi dan dosen.


Full Text:

PDF

References


Ali Baba. Effect of Remuneration and Achievement Motivation to be Sar Center Employee Performance Industries Results Plantation Makasar. Journal of Economics and Sustainable Development, Volume. 6, Nomor 5, 2015.

Anwar Prabu Mangkunegara, A.A. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: PT. Refika Aditama, 2005.

Baal, J. Van. Sejarah Dan Pertumbuhan Teori Antropologi Budaya. Jakarta:PT. Gramedia, 1988.

Boedianto, Sugeng. Pengaruh Pemberian Remunerasi terhadap Kinerja Pegawai Lembag Pemasyarakatan Klas IIA Anak Blitar. Jurnal Ilmu Manaj emen Revitalisasi Volume 1 Nomor 3, 2012.

Dharma, Agus. Manajemen Supervisi: Petunjuk Bagi Para Supervisor. Jakarta: Raja Grafindo, 2003.

Irham Fahmi, Perilaku Organisasi: Teori dan Aplikasi (Bandung: CV. Alfabeta, 2013.

Persada. Hasibuan, Malayu SP. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Pora, de Antonio. Remunerasi–kompensasi & Benefit. Jakarta: Rana Pustaka, 2011.

Kaplan, David dan Manners, A. Albert. Teori-Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Keesing, M. Roger. Antropologi Budaya: Suatu Perspektif Kontemporer Jilid I.Jakarta: Erlangga, 1999.

Koentjaraningrat. Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta: UI Press 1981.

Koentjaraningrat,Beberapa pokok antropologi sosial.Jakarta: Gramedia, 1982.

Macionis, John J.Sociology.New Jersey: Prentice Hall , 2007.

Michael Amstrong & Helen Murlis, Sistem Penggajian: Pedoman Praktis Bagi Organisasi kecil Dan Menengah. Jakarta: PT. Pustaka Binaman, 1983.

Muhammad Surya, Bunga Rampai Guru dan Pendidikan (Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

Sjaifuddin, Fedyani Achmad. Antropologi Kontemporer: Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma.Jakarta: Prenada Media, 2005.

Sanusi, Anwar. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Scupin, Raymond and Christopher DeCorse. Anthropology- A Global Perspective 8th ed.pdf

Thoha, Miftah. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Implikasinya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Wibowo, Manajemen Kinerja (Edisi Ketiga), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Yayu Putri Senjani. Analisis Implementasi Remunerasi BLU (Studi Kasus Pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Jurnal EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume1, Nomor 1, 2017.

Internet

http://www.uinjkt.ac.id/id/ini-penjelasan-rektor-soal-remunerasi-dosen/.

https://www.scribd.com/document/393784679/Analisis-Renumerasi-Di-Puskesmas-Terkait- Dengan-Pelayanan-Bpjs




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5509

Article Metrics

Abstract views : 214 | PDF downloads : 203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.