Pengaruh Status Pekerjaan Ibu Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 2 Pontianak

https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6113

Syifa Ursula

Abstract


Abstrak

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu untuk mengetahui profil status pekerjaan ibu, hasil belajar, dan sifat yang signifikan pengaruh status pekerjaan ibu terhadap hasil belajar siswa Kelas XI PIPS  SMAN 2  Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang berpandangan bahwa, suatu gejala dapat diklasifikasikan menjadi variabel. Adapun teknik pengumpulan data yaitu Teknik Komunikasi Tidak Langsung dan Teknik Pengukuran. Hasil penelitian ini adalah adalah 1) Profil status pekerjaan ibu dari siswa Kelas XI PIPS di SMAN 2 Pontianak  memperlihatkan bahwa sebagian besar mereka tidak bekerja. Ibu yang bekerja sebagai PNS 41,6% dan ibu yang tidak bekerja 58,4%. sebagai ibu rumah tangga. Jadi sebagian besar mereka ibunya yang tidak bekerja. 2) Rata-rata hasil belajar siswa pada belajar pengetahuan sebesar 83,08 termasuk dalam kategori sangat baik, rata-rata hasil belajar sikap sebesar 56,04 kategori kurang, dan rata-rata hasil belajar total (gabungan) sebesar 64,81 kategori cukup. 3) Status pekerjaan ibu terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yaitu sebesar 19%. Status pekerjaan ibu berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan, terhadap hasil belajar siswa pada aspek sikap dengan pengaruh sebesar 2%, dan status pekerjaan ibu berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (pengetahuan dan sikap)  sebesar 5,8%.

 

Kata kunci: Status Pekerjaan, Hasil Belajar  PAI

 

 

 

Full Text:

PDF

References


Abdul Madjid. 2005. Pendidikan agama islam berbasis kompetensi (kompetensi dan Implementasi kurikulum 2004). Bandung: Pt. Remaja Rosdakara.

Abdul Rachman Saleh. 2005. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. JAKARTA: Pt. Raja Grafindo Persada.

Aliyah Baswedan Rasyid. 2015. wanita, arier, dan pendidikan anak. Yogyakarta: Ilmu Giri Yogyakarta.

Asep Jihad, dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. JAKARTA: Presindo.

Fuad Ihsan. 2010. Dasar Dasar Kependidikan. JAKARTA: Pt. Renika Cipta.

Hasbullah. 2010. Dasar Dasar Kependidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ki Hajar Dewantara. 1961. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Taman Siswa.

M. Joko Susilo. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakara.

Ngalim Purwanto. 2011. Ilmu Pendidikan dan Teoritis. Bandung: Pt. Remada Rosdakara.

Nur Ahadi. 2010. Pendidikan Keluarga Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramayulis. 2010. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

sugiyono. 2017. Metode Penelitian K uantitaitif, Kualitatif dan R&D. Bandung: alfaabeta.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6113

Article Metrics

Abstract views : 42 | PDF downloads : 14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.