Persepsi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kota Yogyakarta

https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6485

Wahyu Iskandar, Imam Machali

Abstract


 

Abstrak

Pengawas madrasah ibtidaiyah memiliki tugas pokok di antaranya melakukan supervisi manajerial pada madrasah yang di binanya. Upaya ini dalam rangka untuk meningkatkan kualitas madrasah sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No 2 tahun 2012 dan Permendiknas No 12 Tahun 2007. Tujuan dasar penelitian ini untuk melihat bagaimana persepsi kepala madrasah ibtidaiyah Nurul Ummah kotagede terhadap kinerja supervisi manajerial pengawas di kota Yogyakarta yang meliputi program perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengawas. Penelitian lapangan (Field research) ini menggunakan metode kombinasi (Mix Methode) yang sifatnya deskriptif dengan gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Sementara model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Concurrent Embedded. Kemudian data di indeks dan di kategorisasikan menggunakan skala rating lajuan atau Rating Scale. Adapun hasil dalam penelitian ini rata rata skor dalam perencanaan program supervisi manajerial berjumlah 79,17 % kategori sangat baik, rata rata skor dalam pelaksanaan program supervisi manajerial berjumlah 91,18 % kategori sangat baik, dan rata rata skor dalam evaluasi program supervisi manajerial berjumlah 91,67 % kategori sangat baik.

Kata Kunci: Persepsi Kepala Madrasah, Kinerja Pengawas


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alpusari, Mahmud. “Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Sekolah Dasar Pekanbaru.” Jurnal Primary Vol 2 no 2 (2013): 10–17. Link. file:///C:/Windows/system32/config/systemprofile/Downloads/1957-3887-1-SM.pdf.

Astarini, Dwi. “Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Program Supervisi Akademik Melalui Pendampingan Dan Supervisi Manajerial.” Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan Vol 1 no 1 (2016). Link http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1854

Budi Sasmito. “Menjadi Pengawas Sekolah Yang Efektif.” Jurnal Analisis Pendidikan Dasar Dan Menengah Indonesia Vol 2 no 1 (2016): 207–16. Link http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/download/13137/10042

Clay, Lindgren Henry. An Introduction as Social Psychology, 1981.

Covey, S. R. The 7 Habits of Highly Effective People. Jakarta: Gramedia, 1997.

Dkk, Hadi Suprapto Arifin. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik Vol 21, no. no 1 (2017): 88–101. Link https://www.neliti.com/id/publications/123770/factor-analysis-that-effect-university-student-perception-in-untirta-about-exist

Dkk, Mentari Ocvilia Amanda. “SEMINAR NASIONAL ‘Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global’ Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia Grand Clarion Hotel” Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep, 2016. Link https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2739/1481

Dkk, Syafaruddin. Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Dkk, Wahyu Iskandar. “Prototipe Supervisi Pendidikan Dan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan.” JURNAL ISLAMIC EDUCATION MANAJEMEN Vol 4 no 2 (2019): 163–180. Link. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/artikel/view/6195.

Gunawan, Ary H. Administrasi Sekolah. Jakarta: Rinekacipta, 2011.

Hanum, Zulia. “Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan.” JURNAL RISET AKUNTANSI DAN BISNIS Vol 13 no 2 (2013). Link. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/151

Howell, J. M. and Avolio, B.J.. “Transformational Leadership, Transactional Leadership, Locus of Control, and Support for Innovation: Key Predictors of Consolidated-Business-Unit Performance.” JOURNAL OF APPLIED PSYCHOLOGY Vol 78 no 6 (1993). Link. https://psycnet.apa.org/record/1994-19634-001

Indah Prasetyawati Tri Purnama Sari. “Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 9 no 2 (2013): 141–47. Link. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3017/2510.

Ira Rahmawati, I Made Suwanda. “Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 28 Surabaya.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan Vol no 3 (2015): 71–88. Link https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/10797

Kamus Besar Psikologi, Vandenbos, G.R (ed). APA Dictionary Washington DC:American Psycholoical Associaton. 2007. Link https://psychology.binus.ac.id/kamus-psikologi/

Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Pedoman Pembinaan Pengawas Madrasah Dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah, 2014. http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pedoman_pembinaan_pengawas_pai.pdf

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Lembaga Pemberdayaan Pengembangan Kepala Sekolah, 2015.

Kompri. Manajemen Sekolah Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Masaong, Kadim. Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta, 2013.

Mukminin, Amirul. “Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri.” Ta’dib: Journal of Islamic Education Vol 19 no (2014): 227–52.

N, Purwanto. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Nanang, Fatah. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Neni, Setianingsih. “Efektivitas Pokjawas Dalam Kinerja Pengawas Pendais Dalam Edukasi.” JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN Vol 5 no 6 (2007). Link. https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/304

Nur Abadi, Dkk. Pedoman Supervisi Pengawas Madrasah Dan Pengawas PAI Pada Sekolah. Semarang: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, 2012.

Pauzi. Model Pengawasan Sekolah Yang Berkesan. Riau: PT Indragiri, 2019.

RI, Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 143 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah Dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemendikbud RI, 2014.

Rofi’ah, Solso dalam Siti. “Persepsi Pendidik PAI Tentang Pembelajaran Multikultural Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren.” JURNAL MUALLIMUNA Vol 2 no 2 (2017). Link. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/766

Rohmatika, Ratu Vina. “Urgensi Supervisi Manajerial Untuk Peningkatan Kinerja Sekolah.” Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam Vol 9 no 1 (2016): 1–20. 4. Link. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ijtimaiyya/article/view/750

Sagala, Saiful. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangansumber Daya Manusia. Jakarta: Rinekacipta, 2008.

Sasmito, Muhammad Asdar. “Kontribusi Pengawas Sekolah Terhadap Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.” Journal of EST Vol 1 no 2 (2015): 30–45. Link. https://media.neliti.com/media/publications/177096-ID-kontribusi-pengawas-sekolah-terhadap-pem.pdf

Slameto. “Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3 no 2 (2016): 192–206. Link. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/647

Suhardan, Dadang. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sujanto, Bedjo. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah: Model Pengelolaan Sekolah Di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Sagung Seto, 2009.

Syafaruddin. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2003.

Syawal, J, Kartowagiran, B. “Evaluasi Pengawas Sekolah Dalam Melakukan Supervisi Penyelenggaraan Pendidikan SD Di Kota Tidore Kepulauan.” Jurnal Evaluasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2013): 208–22. Link. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/jep/article/view/67

Tim Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Walgito, Bimo. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

Yustiani. “Kinerja Pengawas Madrasah Di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Analisa Vol 20 no 1 (2013): 115–30. Link. https://media.neliti.com/media/publications/41954-ID-kinerja-pengawas-madrasah-di-propinsi-daerah-istimewa-yogyakarta.pdf




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6485

Article Metrics

Abstract views : 439 | PDF downloads : 27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.