Pengembangan Perilaku Terpuji Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidikan Agama Islam Peserta Didik

Euis Rosita, Chaerul Rochman, Ida Farida, Agus Salim Mansyur

Abstract


 

Pembelajaran Daring merupakan salah satu alternatif kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan, agar proses pendidikan tetap berjalan pada masa pandemi Covid-19.Namun bagi seorang pendidik belum bisa memastikan, kompetensi apakah yang dikuasai oleh peserta didik. Hal ini penting untuk dibahas agar Tujuan pembelajaran bisa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji indikator kompetensi yang penting dan menjadi prioritas dalam komponen pengayaan prilaku terpuji melalui Media Sosial dan bagaimana hubungan antar indikator tersebut. Metode penelitian menggunakan deskriftif kuantitatif. Subyek penelitian merupakan 26 siswa kelas 3 Tingkat Dasar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa yang memiliki kompetensi karakter lebih kuat dibanding dengan Peserta Didik yang memiliki kompetensi Scince Technology Engineering andMath (STEM) dan Kompetensi Produk. Ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter di lingkungan keluarga merupakan basic perkembangan pribadi anak.

 

Kata Kunci: pembelajaran daring,Sains dan teknologi matematika, produk, karakter

Full Text:

PDF

References


Ahmad Busthomy MZ, A. H. (2020). KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO. ojs.staituankutambusai.ac.id , 8 (3), 1-13.

Ahmad, I. F. (2020). ASESMEN ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) DI INDONESIA. ejournal.unuja.ac.id , 7 (1), 197-222.

Ambaryanti, R. (2016). HUBUNGAN INTENSITAS PENDAMPINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI RA AL-ISLAM MANGUNSARI 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces , 2 (2), 43-49.

Ani Jailani Jai, C. R. (2019). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PADA SISWA. Al-Tazkiyah JPI https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781 , 10 (2), 190.

Ani Jailani Jai, C. R. (2019). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PADA SISWA. Al-Tazkiyah JPI , 10 (2), 257-264.

Aprilia, N. K. (2020). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI TK AL-HIDAYAH PLUS MADIUN. http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/635 .

Fadel, ,. M. (2020). BIMBINGAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 26 KABUPATEN SELUMA. repository.iainbengkulu.ac.id .

Ismail, M. I. (2010). KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan , 13 (3), 44-63.

Latip, A. (2020). PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran , 1 (2), 107-117.

Megawati1. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN. Pedagogik Jurnal Pendidikan , 7 (1), 172-191.

Ni Made Ayu Wardani, N. W. (2019). Korelasi Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah IPS. ejournal.undiksha.ac.id , 2 (1), 37-46.

Pratama, D. A. (2019). TANTANGAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM. Al-Tanzim DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.518 , 3 (1), 198-226.

Roqib, M. a. (2020). Kepribadian Guru (Vol. 1). Jogjakarta: 14 Apr 2020.

Tati Sumira, A. A. (2020). STEM EDUCATION:INOVASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS. jurnal.univpgri-palembang.ac.id , 815-827.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.6774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.