Mengembangkan Kompetensi Guru dalam Perspektif Pedagogi Kritis (Telaah atas UU RI No. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta PP RI No.74 tentang Guru)

https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7179

Ali Murtadho

Abstract


 

Abad XXI ditandai dengan perkembangan teknologi dan arus informasi yang pesat. Perkembangan teknologi dan arus informasi ini membawa dampak bagi peran guru dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Oleh karena itu, orang yang memilih jalan hidupnya menjadi guru harus menemukan peran-peran baru yang lebih kontekstual. Tugas guru dalam konteks ini adalah menyiapkan generasi untuk menghadapi abad baru yang penuh dengan kegoncangan dan ketidakpastian. UNESCO mencatat bahwa guru merupakan elemen penting bagi pengembangan sikap yang positif atau negatif terhadap pembelajaran. Guru memiliki peran dalam mempromosikan saling pemahaman serta toleransi di antara umat manusia. Berbicara konteks pendidikan Indonesia—di mana permasalahan pendidikan begitu kompleks—tidak dapat diselesaikan sendiri oleh pemerintah. Kebangkitan bangsa dan negara Indonesia salah satunya adalah terletak pada peran guru. Dalam menyikapi persoalan tersebut, kompetensi guru perlu dikembangkan. Hal ini dilakukan untuk tugas pedagogis yang berorientasi pada peran guru sebagai intelektual transformatif. Oleh karena itu, paradigma pedagogis kritis dapat dijadikan alternatif dalam mengembangkan kompetensi guru.

 

Kata Kunci: Peran Guru, Kompetensi Guru, Pedagogi Kritis

Full Text:

PDF

References


Freire, Paulo. Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Jakarta: Gramedia, 1984.

Giroux, Henry, and Joe L Kincheloe. “Border Crossings: Cultural Workers and the Politics of Education.” Journal of Education 174, no. 1 (1992): 130–35.

Groenke, Susan L. “Social Reconstructionism and the Roots of Critical Pedagogy: Implications for Teacher Education in the Neoliberal Era.” In Critical Pedagogy and Teacher Education in the Neoliberal Era, 3–17. London New York: Springer, 2009.

Hidayat, Rakhmat. “Kurikulum Sebagai Arena Kontestasi Kekuasaan: Konseptualisasi Gagasan Michael Apple Hingga Pierre Bourdieu.” Jurnal Komunitas 3 (2009): 1.

———. Pedagogi Kritis: Sejarah, Perkembangan Dan Pemikiran. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada, 2013.

Kanpol, Barry. Critical Pedagogy: An Introduction. London: Greenwood publishing group, 1999.

———. Issues and Trends in Critical Pedagogy. New Jersey: Hampton Press, 1997.

Kincheloe, Joe L. Knowledge and Critical Pedagogy: An Introduction. Vol. 1. London, New York: Springer, 2008.

Livingstone, David W. “On Hegemony in Corporate Capitalist States: Material Structures, Ideological Forms, Class Consciousness, and Hegemonic Acts.” Sociological Inquiry 46, no. 3‐4 (1976): 235–50.

Mangunwijaya, F, and Penerbit Buku Kompas. Kurikulum Yang Mencerdaskan: Visi 2030 Dan Pendidikan Alternatif. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2007.

Monchinski, T. Engaged Pedagogy, Enraged Pedagogy: Reconciling Politics, Emotion, Religion, and Science for Critical Pedagogy. Rotterdham Netherlands: Sense Publisher, 2011.

Monchinski, Tony. “Critical Pedagogy in the Everyday Classroom.” In Critical Pedagogy And The Everyday Classroom, 115–39. London, New York: Springer, 2008.

Nuryatno, M Agus. Mazhab Pendidikan Kritis: Menyingkap Relasi Pengetahuan, Politik, Dan Kekuasaan. Yogyakarta: Resist Book, 2011.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No.74 tentang Guru.

Rizali, A, I D Sidi, and S Dharma. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Yogyakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.

Rohman, Arif. Guru Dalam Pusaran Kekuasaan: Potret Konspirasi Dan Politisasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.

Suharto, Toto. Pendidikan Berbasis Masyarakat; Relasi Negara Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara, 2012.

Sumardianta, J. Guru Gokil Murid Unyu. Yogyakarta: Bentang, 2016.

Tilaar, H A R. Kekuasaan Dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

———. Pedagogik Kritis: Perkembangan, Substansi, Dan Perkembangannya Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

———. Pedagogik Teoretis Untuk Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2015.

Tilaar, H.A.R. Perubahan Sosial Dan Pendidikan Pengantar Pedagogik Transformatif Untuk Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7179

Article Metrics

Abstract views : 601 | PDF downloads : 696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.