Pengaruh Manajemen Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMAIT Mentari Ilmu Karawang

https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7358

Dewi Cinthia Arum, Khalid Ramdhani

Abstract


Abstract

 

This study aims to determine the extent of the effect character education management towards the discipline of students in SMAIT Mentari Ilmu Karawang.This research uses quantitative methods by distributing questionnaires or questionnaires through Google Form.The population in this study were all students in the SMAIT Mentari Ilmu Karawang, totaling 138 students. The technique used in sampling uses the Slovin formula with an error rate of 5% of 138 students, the research sample is 103 students or respondents.The results of data analysis showed a correlation value of  0.527 showed that there was a moderate correlation between character education management (X) and student discipline (Y).The correlation coefficient 0.527 is positive, which means there is a positive relationship.The correlation that occurred was significant because the Fcount value was 38.740>Ftable 3.93 with a significance level of 0.000<0.05, so Ho was rejected.This shows that there is a significant positive effect between the management of character education on the discipline of students in SMAIT Mentari IlmuKarawang.The results of the coefficient of determination (R2) is 27.7%.This shows that the discipline of students (Y) is determined by the management of character education (X) of 27.7%. While 72.3% determined other variables that were not the focus of this study.

 

Keywords: Management, Character Education, Student Discipline

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh manajemen pendidikan karakter terhadap kedisiplinan peserta didik di SMAIT Mentari Ilmu Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan angket atau kuesioner melalui Google Form. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMAIT Mentari Ilmu Karawang yang berjumlah 138 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% dari 138 peserta didik maka didapat sampel penelitian ini sebanyak 103 peserta didik atau responden. Hasil analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar 0,527 menunjukkan adanya hubungan korelasi sedang antara manajemen pendidikan karakter (X) dengan kedisiplinan peserta didik (Y). Koefisien korelasi 0,527 bernilai positif yang berarti adanya hubungan yang positif. Korelasi yang terjadi signifikan karena diperoleh nilai Fhitung sebesar 38,740 > Ftabel 3,93 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara manajemen pendidikan karakter terhadap kedisiplinan peserta didik di SMAIT Mentari Ilmu Karawang. Hasil koefisien determinasi (R2)yaitu sebesar 27,7%. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan peserta didik (Y) ditentukan oleh manajemen pendidikan karakter (X) sebesar 27,7%. Sedangkan 72,3% ditentukan variabel lain yang bukan menjadi fokus penelitian ini. 

 

Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Kedisiplinan Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


Arifin, Bambang Samsul & Rusdiana. 2019. Manajamen Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.

Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ramdhani, Khalid. 2020.“The Influence Of Ta’lim Muta’alim Understanding To The Development Of Santri Character (Research On Nurussalam Islamic Boarding School Medangasem Jayakerta Karawang).” Jurnal Tawasut Indonesia Journal of Moderate Islam.Vol.7, No. 1. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/TWS/article/view/3413/3173

Ramdhani, Khalid. 2019. “Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Internalisasi Karakter di Pondook Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang,” Jurnal Hadratul Madaniyah, Vol. 6, No. 2. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/jhm/article/view/1226/1110

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tu'u, Tulus. 2019. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.

Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiyani, Novan Ardi. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Insan Media.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7358

Article Metrics

Abstract views : 309 | PDF downloads : 297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.