Manajemen Stres Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Era Disrupsi

https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7420

Susi Alawiyah

Abstract


This study aims to see the relationship between stress management and student motivation in the middle of an era of disruption like this. This research is a descriptive quantitative research. The data spread by distributing questionnaires to students of SMK Negeri 5 Tangerang Regency. Respondents in this study were 80 students. SEM PLS is used as a tool in analyzing the collected data. The results of the analysis show that there is a relationship between stress management and student motivation. Students who are able to manage stress with good learning motivation than students who are unable to manage stress. Keywords: Stress Management, Learning Motivation, Disruption Era, Education  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen stres dengan motivasi belajar siswa ditengah era disrupsi seperti saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menyebar angket kepada peserta didik SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang. Responden dalam penelitian berjumlah 80 peserta didik. SEM PLS digunakan sebagai alat bantu dalam menganalisis data yang telah terkumpul. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara manajemen stress dengan motivasi belajar siswa. Siswa yang mampu mengelola stress memiliki motivasi belajar yang baik dibandingkan siswa yang tidak mampu mengelola stress. Kata Kunci: Manajemen Stres, Motivasi Belajar, Era Disrupsi, Pendidikan 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adawiyah, R. 2017. Analisis tingkat stres mahasiswa dalam menghadapi penyusunan skripsi

Cia Guyana, Witarsa dan Achmadi. Pengaruh Manajemen Stres terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi SMK Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 5, No. 5 (2016).

Connie Frith. 2007. Motivation to Learn. Educational Communications and Technology. University of Saskatchewan

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Hamzah B. Uno. 2014. Model Pembelajaran. Menciptakan proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara

Fabras Cahya Puspitha. 2017. Hubungan Stres terhadap Motvasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Bandar Lampung. Tidak dipublikasikan.

Ginting, Paham dan Helmi.2008. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian. Penerbit USU Press.

Listiyarti, Retno. 2020. KPAI: Banyak siswa stres hingga putus sekolah selama ikuti PJJ daring. Jakarta: Antara news.com

Mc Combs, B. L. 1996. http://www.mcrel.org/products/noteworthy/ barbaram.html

Mazer, J. P. & Thompson, Blair (2011). Student Academic Support: A Validity Test. Communication Research Report, 28(3), 214-224. https://doi.org/10.1080/08824096.2011. 586074

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Rahmawati, D. D. 2012. Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan. Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan.

Renti Nur Subchaniyah. 2016. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Motivasi Belajar pada Mahasisea Psikologi UNNES yang Bekerja Paruh Waktu. Skirpsi Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Tidak dipublikasikan.

Sayekti, E. 2017. Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sun, J., Dunne, M.P., Hou, X., & Xu, A. (2011). Educational stress scale for adolescents: Development, validity, and reliability with Chinese students. Journal of Psychoeducational Assessment, 29(6), 534-546.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610

Zimbardo, Philip G. 1977. Psychology and Life. Illinois: Scott, Foresman and Company.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7420

Article Metrics

Abstract views : 2834 | PDF downloads : 3565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.