PEMANFAATAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH (Studi pada SMAN 5 Bandar Lampung)

https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i2.759

AMIRUDIN AMIRUDIN

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Information and Communication Technologies dalam pengelolaan administrasi sekolah di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner sebagai metode pokok dan metode interview serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian ini adalah deskritif kualitatif yang mana dalam pengelolaan data penulis menggambarkan yang ada di lapangan, adapun untuk menganalisis data penulis menggambarkan yang ada di lapangan. Dari hasil penelitian disimpulkan: 1) Kepala sekolah telah melaksanakan pemanfaatan Information and Communication Technologies dalam pengelolaan administrasi sekolah, tetapi belum maksimal, hal ini disebabkan karena kesibukan kepala sekolah, baik mengikuti rapat, mengikuti penataran-penataran yang menyebabkan kepala sekolah belum dapat melaksanakan pengelolaan administrasi dengan baik. 2) Kurangnya dukungan dari staf TU dan guru untuk meningkatkan pengelolaan disiplin kerjanya, hal ini dapat dilihat dari masih adanya staf TU yang datang terlambat, sering tidak masuk, penguasaan Information and Communication Technologies yang belum maksimal.

 

Kata kunci: information and communication technologies, pengelolaan administrasi sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i2.759

Article Metrics

Abstract views : 97 | PDF downloads : 58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.