PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII A MTs NURUL ISLAM AIR BAKOMAN KABUPATEN TANGGAMUS

USWATUN HASANAH

Abstract


Penelitian ini dalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classrom Action Research. Dimana objek yang diteliti hanya berpusat pada proses pembelajaran, adapun subjek penelitin ini adalah 1 guru fiqih dan 33 peserta didik kelas VIII A MTs Nurul Islam. Dalam kegiatan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus untuk empat kali pertemuan, dalam msing-masing siklus dilakukan tes, evaluasi guna mengamati tingkat pemahaman peserta didik dan haisl belajar yang dicapai.Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi serta tes.

Hasil penelitian menujukan pada pertemuan pertama siklus I  didapatkan peserta didik masih lambat dan cenderung bertanya kepada guru ketika menemui kesulitan dalam membuat Mind Mapping. Interaksi antara anggota sesama kelompoknya terjalin sangat kompak di buktikan dengan  pembelajaran Pra tindakan siklus perta mencapai peningkatan hasil belajar 61% hanya 6 orang dari 33 peserat didik yang  sudah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan  dibandingkan pada kegiatan pembelajaran sebelumnya. Pengelolaan waktu diskusi kelompok dan persentasi cukup efektif, kerjasama yang terjalin antara anggota kelompok sudah tampak lebih baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar yang diperoleh pada siklus 2 mencapai 88%. Berdasarkan hasil pertemuan pada siklus 1 dan siklus 2 maka dapat disimpulkan bahwa “ Strategi pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pembelajaran Fiqih kelas VIII A MTs Nurul Islam Air Bakoman Kabupaten Tanggamus”. Hal ini terbukti dengan ketuntasan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik pada siklus 1 yaitu sebanyak 61% sedangkan pada siklus 2 jumlah peserta didik yang tuntas makin meningkat yaitu mencapai 88%.

 

Kata Kunci: Strategi Mind Mapping, fiqh, penelitian tindakan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.