EVALUASI KINERJA PERGURUAN TINGGI ISLAM BERBASIS BALANCED SCORECARD

AHMAD FAUZAN

Abstract


Pendirian lembaga pendidikan tinggi Islam sudah dirintis sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda hingga sekarang. Seperti sama-sama kita ketahui, dalam pertumbuhan dan perkembangannya telah berdiri cabang-cabang perguruan tinggi Islam untuk memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang lebih luas terhadap masyarakat. Untuk mengukur kinerja perguruan tinggi Islam salah satunya adalah dengan balanced scorecard. Empat perspektif pengukuran kinerja perguruan tinggi menggunakan Metode Balanced Scorecard: (a) Konsumen: untuk mengetahui bagaimana pelanggan menilai kita; (b) Internal bisnis: untuk mengetahui keunggulan yang kita miliki; (c) Inovasi dan pembelajaran: untuk mengetahui bagaimana kita melakukan perbaikan dan penyempurnaan secara terus-menerus; (d) Keuangan: untuk memberikan kinerja yang baik dari aspek keuangan kepada stakeholder.

 

Kata kunci: balanced scorecard, internal bisnis, stakeholder


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.