KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENDIDIKAN

https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.802

JUNAIDAH JUNAIDAH

Abstract


Kepemimpinan (Leadership) merupakan salah satu persoalan yang sangat penting bagi terlaksananya fungsi-fungsi manajemen. Permasalahan pemimpin dalam Islam sangat penting untuk dibahas dan selalu menjadi persoalan yang menarik pada setiap zaman. Dalam perspektif Islam, pemimpin merupakan hal cukup fundamental dalam tatanan sosial. Ia menempati posisi tertinggi dalam bangunan masyarakat. Ibarat kepala dari seluruh tubuh, peranannya sangat menentukan perjalanan dalam mewujudkan kemaslahatan umat. Tak hanya kemaslahatan dunia, seorang pemimpin juga memiliki tanggung jawab besar untuk mengatur serta mengawasi tegaknya syari’at Allah. Pemimpin Pendidikan menempati posisi yang sama pentingnya dengan pemimpin negara maupun agama. Kepemimpinan itu esensinya adalah pertanggungjawaban. Pengertian umum pemimpin pendidikan adalah kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerahkan, dan kalau perlu memaksa orang atau kelompok agar menerima pengaruh tersebut dan selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu tercapainya suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan kepemimpinan dalam pendidikan yang sesuai dengan tuntutan era desentralisasi pendidikan.

Adapun jenis penelitian yakni penelitian pustaka, pendekatan penelitian adalah kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan desentralisasi dan otonomi pendidikan adalah model kepemimpinan transformasional, karena merupakan salah satu solusi krisis kepemimpinan terutama dalam bidang pendidikan.

 

Kata kunci: kepemimpinan, transformasional, pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.802

Article Metrics

Abstract views : 689 | PDF downloads : 338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.