Analisis Kepemimpinan Profetik Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di MI Miftahul Ulum Anggana

https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8836

Luthfi Zihni Rahman, Ali Hamdi

Abstract


Desentralisasi pendidikan adalah sebuah kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada unit terkecil yakni sekolah untuk mengelola lembaga pendidikan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh sekolah masing-masing. Desentralisasi itu kemudian diiimplementasikan dalam bentuk Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Akan tetapi belum banyak sekolah yang mampu menjalankan hal tersebut, salah satunya dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Maka, kepemimpinan profetik dianggap sebagai pilihan tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menjadikan figur nabi sebagai role model utama bagi kepala sekolah dalam pelaksanaan MBS, khususnya di lembaga pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan profetik di dalam MBS. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sifat-sifat nabi banyak melahirkan keputusan penting dalam pengelolaan pendidikan di MI Miftahul Ulum Anggana antara lain: transparansi pengelolaan keuangan, pemanfaatan sarana dan pra sarana, pengembangan kurikulum, pemberdayaan tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, serta pengelolaan hubungan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Abdul rahmat, Sri hartini. (2014). Manajemen Profetik Model Pemberdayaan Berbasis, Masyarakat Alam, Pesantren. Ideas Publishing.

Achadah, A. (2019). Manajemen berbasis sekolah (MBS): Konsep Dasar dan Implementasinya pada Satuan Pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2).

Al-Mubarakfuri, S. S. (1997). Terjemah Arrohiqil Makhtum (Siroh Nabawiyah).pdf. Al-Kautsar.

AR, M. (2015). Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pada Sd Negeri 2 Lambheukabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2).

Hilmy, M. (2008). Islam Prophetic: Substansiasi Nilai-nilai Agama dalam Ruang Publik. Penerbit Kanisius. Yogyakarta

Kbbi Kemdikbud. (n.d.). No Title. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Mujiburrahman, et. al. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah berorientasi pelayanan publik : teori dan implementasinya. In Yogyakarta: Zahir Publishing, Juli 2018 (Vol. 1, Issue 1).

Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3.

Pasaribu, Asbin. (2017). MBS perspektif islam. EduTech Vol. 3 No. 1 Maret 2017, 3(1),

Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualiats Sekolah. Jurnal EduTech, Vol. 2 No. 1 (1).

Raharjo, M. M. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Unggul, Cerdas, Dan Berkarakter Islam. Gava Media.

Sakdiah. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam ( Kajian Historis Filosofis ) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan, 22(33).

Sisdiknas no. 20, 2003 UU RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6.

Peraturan Pemerintah no 19, (2005).

Sudaryono. (2014). Educational Research Methodology. Lentera Ilmu Cendikia.

Suherman, U. D. (2019). Pentingnya Kepemimpinan Dalam Organisasi. Ilmu Akutansi Dan Bisnis Syariah, 1, 19.

Widyastuti, Ana, et. al. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8836

Article Metrics

Abstract views : 236 | PDF downloads : 68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.