Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam

https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8886

Mohammad Jailani, Hendro Widodo, Siti Fatimah

Abstract


Berkembangnya pendidikan agama Islam secara pesat, baik dalam kurikulum maupun dalam  pembelajaran mendorong lembaga pendidikan, pendidik, (guru atau dosen) mampu berinovasi dalam pembelajaran PAI. Peneliti menemukan selama ini pembelajaran PAI di mata peserta didik atau mahasiswa sebagai pembelajaran yang stagnan belum adanya progress perkembangan menjadikan pembelajaran monoton dan membosankan. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model pembelajaran yang inovasinya dalam pengembangan materi pembelajaran Pendidikan agama Islam. Sebagai model pembelajaran yang mengarah di dibidang pembelajaran PAI berbasis Neurosain dan Quipper School. Data penelitian ini bersumber melalui pengamtan literatur terkait deskripsi jurnal ilmiah maupun pencarmatan terhadap referensi karya penelitian, baik secara manual maupun digital yang focus mengangkat topik Pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa model pengembangan materi pembelajaran PAI berbasis Neurosains dan Quipper School mampu memudahkan pelajar (peserta didik, dan mahasiswa) dalam belajar PAI. Tumbuhnya daya minat belajar dan kratif dalam mengembangkan materi pembelajaran Pendidikan agama Islam yang implikasinya terhadap perkembangan pembelajaran di masa kini revolusi industry 5.0 khususnya sebagai model pembelajaran tanggap bencana di masa COVID-19.


Full Text:

PDF

References


M. M. H. Umar Faruq, “Bahasa Arab berbasis Peningkatan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills)(Kajian Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ’Ulum Step 2 Kemenag RI),” Al-Hikmah J. Kependidikan, vol. 8, no. Maret, pp. 1–20, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/135/0.

E. Switri, Zaimuddin, and Apriyanti, “Metode Manhaji Pada Pembelajaran Bahasa Arab,” Lughoti, vol. 2, no. 01, pp. 1–25, 2020.

Y. Desva and Suyadi, “Pengembangan Imajinasi Kreatif Berbasis Neurosains dalam Pembelajaran Keagamaan Islam,” Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 14, no. 2, p. 267, 2019, doi: 10.21043/edukasia.v14i2.4213.

W. Apri and Suyadi, “Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains,” Tadrib, vol. 5, no. 1, pp. 51–67, 2019.

H. Ulya, N. H. Laily, and M. L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai dengan Menggunakan Video Explanasi, Pop Up dan Kahoot,” Edudeena, vol. 4, no. 1, pp. 39–48, 2020.

F. Handayani, U. Ruswandi, and B. S. Arifin, “Pembelajaran PAI di SMA: (Tujuan, Materi, Metode, dan Evaluasi),” J. Al-Qiyam, vol. 1, no. 1, pp. 173–179, 2020.

Maskuri, A. S. Ma’arif, and M. A. Fanan, “Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta ’ lim Ma ’ hadi di Pesantren Mahasiswa,” Pendidik. Agama Islam, vol. 7, no. 1, pp. 32–45, 2020.

S. Suyadi, “Hybridization of Islamic Education and Neuroscience: Transdisciplinary Studies of’Aql in the Quran and the Brain in Neuroscience,” Din. Ilmu J. Pendidik., vol. 19, no. 2, pp. 237–249, 2019.

Wadan Y Anuli, “Pengembangan Materi Akidah Akhlak Berbasis Aplikasi Quiper School Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung,” Pendidik. Agama Islam, vol. 51, no. 3, pp. 1–29, 2017.

Sartika and Erni Munastiwi, “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta,” Golden Age J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 35–50, 2019, doi: 10.14421/jga.2019.42-04.

N. Fauziyah, “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam,” Al-Mau-Izhoh, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2020.

M. Syarif and M. S. Moenada, “Boarding School (Pesantren) Education During Covid-19 Pandemic at Dar El Hikmah Pekanbaru Indonesia,” Khalifa J. Islam. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 161–174, 2020.

Suyadi, Z. Nuryana, and N. A. F. Fauzi, “The fiqh of disaster: The mitigation of Covid-19 in the perspective of Islamic education-neuroscience,” Int. J. Disaster Risk Reduct., vol. 51, p. 101848, 2020, doi: 10.1016/j.ijdrr.2020.101848.

Suyadi, Sumaryati, D. Hastuti, D. Yusmaliana, and R. D. R. MZ, “Constitutional Piety : The Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Learning Based on Neuroscience,” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 6, no. 1, pp. 38–46, 2019, doi: DOI : 10.18860/jpai.v6i1.8307.

Z. Arifin, “Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology,” J. Penelit. Pendidik., vol. 1, no. 2, p. 15, 2018.

Maksudin, Metodologi Pengembangan Berpikir Integratif Pendekatan Dialektik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

S. L. Morrow, “Qualitative research in counseling psychology: Conceptual foundations,” Couns. Psychol., vol. 35, no. 2, pp. 209–235, 2007.

Sarah L. Weinberger-Litman, “A Look at the First Quarantined Community in the USA: Response of Religious Communal Organizations and Implications for Public Health During the COVID-19 Pandemic,” J. Relig. Health, pp. 1–14, 2020.

S. Arikunto, Metodologi Penelitian Pendidikan: Teknik Pengumpulan Data Model Moleong. 2013.

Suyadi, Pendidikan Islam dan Neurosains: Menelusuri Jejak Akal dan Otak Dalam Alquran Hingga Pengembangan Neurosains Dalam Pendidikan Islam, Pertama. Jakarta: Kencana, 2020.

Wahyu, “Peta Konsep Tujuan Alquran,” Peta Konsep Materi Pembelajaran Alquran, 2021. https://brainly.co.id/tugas/18778194.

Muhammad Miftakhuddin, “Pengembangan Model Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Empati pada Generasi Z,” J-PAI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 17, no. 1, pp. 1–16, 2020.

Hendro Widodo and E. Nurhayati, Manajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah, dan Pesantren, Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2020.

Ahmad Syauqi Fuady, “Relevansi Pemikiran Pendidikan Mohammad Hatta Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia,” Uhamka J. Pendidik. Agama Islam, vol. 10, no. November, pp. 43–51, 2019.

Fauzi Muhammad Ilfan, “Pemanfaan Neurosains dalam Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab,” Arab. J. Bhs. Arab, vol. 4, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.29240/jba.v4i1.1095.

M. A. Hair, “Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat,” Ahsan Media, vol. 1, no. 1, pp. 97725496–97725498, 2018, [Online]. Available: http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia.

M. K. Umam, “Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam,” J. Al-Hikmah, vol. 8, pp. 61–74, 2020.

Admin Shopee, “Buku Paket Alquran Hadits Kelas X SMK,” Buku Paket Al-Islam Kemuhammadiyahan Alquran Hadits, 2020. https://shopee.co.id/Buku-Paket-Al-Islam-dan-Kemuhammadiyahan-kelas-X-SMA-SMK-MA-i.281949074.6254274780.

Admin, “E-larning Quipper School Berbasis Teks,” Mari Belajar, 2020. https://bukuajar.com/e-learning-quipper-school-dalam-pembelajaran-berbasis-teks.html.

U. M. K. Abdullah and A. Azis, “Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, p. 51, 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i1.355.

M. Sholeh, “Potret Pendidikan Islam di Pamekasan Madura (Peran KH. Ahmad Madani dalam Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat di Ponpes Sumber Bungur Pamekasan Madura 1960-2006),” JUSPI (Jurnal Sej. Perad. Islam., vol. 2, no. 2, p. 89, 2018, doi: 10.30829/j.v2i2.1749.

Suyadi, “Millennialization of Islamic Education Based on Neuroscience in the Third Generation University in Yogyakarta Indonesia.,” QIJIS Qudus Int. J. Islam. Stud., vol. 7, no. 1, pp. 173–202, 2019.

S. Awhinarto, “Otak Karakter Dalam Pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains,” J. Pendidik. Karakter, vol. 10, no. 1, pp. 143–156, 2020, [Online]. Available: http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf.

Suyadi, “Pendidikan Islam Dan Neurosains,” in Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi MUhammadiyah ’Aisyiyah (APPPTMA), 2017, pp. 8–9.

Suyadi, “Hybridization of Islamic Education and Neuroscience: Transdisciplinary Studies of ’Aql in the Quran and the Brain in Neuroscience,” Din. Ilmu, vol. 19, no. 2, pp. 237–249, 2019, doi: doi: http://doi.org/10.21093/di.v19i2.1601.

A. Wulandari and Suyadi, “Pengembangan Emosi Positif dalam Pendidikan Islam Perspektif Neurosains,” Tadrib Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 51–67, 2019.

Saibah and Suyadi, “Constructivism Of Neurosains-Based in Building The Qur’ani Character Of SMP Muhammadiyah 1 Sleman Students,” Edukasi, vol. 8, no. 1, pp. 85–95, 2020.

Yulita, “Penerapan Teori Kerja Otak (Neuroscience) dalam Pembelajaran,” Online Learning, 2012. http://yulitayulita.blogspot.com/2012/12/penerapan-teori-kerja-otak-neuroscience_28.html.

S. Astuti Budi Handayani, “Relevansi Konsep Akal Bertingkat Ibnu Sina Dalam Pendidikan Islam di Era Milenial,” TADIBUNA, vol. 8, no. 2, pp. 222–240, 2019, doi: 10.32832/tadibuna.v8i2.2034.

Suyadi, Sumaryati, D. Hastuti, and A. D. Saputro, “Early childhood education teachers’ perception of the integration of anti-corruption education into islamic religious education in bawean island Indonesia,” Elem. Educ. Online, vol. 19, no. 3, pp. 1703–1714, 2020, doi: 10.17051/ilkonline.2020.734838.

Suyadi, “A Genealogycal Study of Islamic Education Science at The Faculty of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,” Al-Jami‟ah J. Islam. Stud., vol. 56, no. 1, pp. 28–95, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.14421/ajis.

David. A. Sauso, Bagaimana Otak Belajar, Ke-Empat. Jakarta: Indeks, 2012.

Suyadi, “Model Pendidikan Karakter dalam konteks Neurosains,” in Proseding Seminar Nasional, 2012, p. 8.

De Wit Biance, “Neurogaming Technology Meets Neuroscience Education: A Cost-Effective, Scalable, and Heghly Portable Undergraduate Teaching Laboratory for Neuroscience,” J. Undergrad. Neurosci. Educ. JUNE A Publ. FUN, Fac. Undergrad. Neurosci., vol. 15, no. 2, pp. 104–109, 2017, [Online]. Available: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28690430Ahttp://www.pubmendcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5480837.

M. Miftakhurrohman and S. Suyadi, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Perspektif Neurosains Pendidikan Islam,” At-Ta’dib J. Ilm. Prodi Pendidik. Agama Islam, p. 127, 2020, doi: 10.47498/tadib.v12i02.375.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8886

Article Metrics

Abstract views : 687 | PDF downloads : 257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.