Implementasi Sistem Informasi Manajemen Guna Meningkatkan Kinerja Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Gondang Mojokerto

Ainun Umrotul Hajjah Alfaini, Umi Fitriyatri Wulandari, Nadlir Nadlir

Abstract


Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang dibutuhkan semakin mudah diperoleh khususnya pada dunia pendidikan. peran dari sistem informasi manajemen sangat dibutuhkan seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Pada saat ini sekolah harus dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dari berbagai hal baik proses kegiatan akademik maupun administrasi melalui sistem informasi manajemen yang telah diterapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang dilaksanakan oleh pihak sekolah selama masa pandemic covid-19. Pada penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan SIM di SMAN 1 Gondang dilakukan dengan semaksimal mungkin. Pihak sekolah mengupayakan mudahnya pengaksesan informasi yang diberikan agar informasi yang diingin dapat diperoleh lebih cepat. Dengan mudahnya pengaksesan informasi tersebut akan berdampak pada kelancaran proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa.


Keywords


Sistem Informasi Manajemen; Kinerja Sekolah; Covid -19

Full Text:

PDF

References


Adisel Dan Gawdy Prananosa, Ahmad. 2020. “Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19”. Vol.3 No.1. 1-10.

Afif Saputra, Mohammad dan Soedjarwo. 2021. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen berbasis aplikasi mobile pada jenjang SMA”. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vol. 09 No. 02. 362.

Afriliyanti, Ziyan Dan Muflihah. 2020. “Langkah Taktis Pencegahan Covid-19 Di Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik”. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.7, No.2. 362.

Ajie, Dwi dan Miyarso. “Sistem Informasi: Konsep Dasar”. Http://File.Upi.Edu/Direktori/Fip/Prodi._Perpustakaan_Dan_Informasi/Miyarso_Dwi_Ajie/Makalah_A.N Diakses Pada 20 Agustus 2021, Pukul 21.01 Wib.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Sukabumi: CV Jejak).

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan, Pre Print Digital Library Uin Sunan Gunung Jati Bandung.

Febriadi, Bayu. 2016. “Efektivitas Sistem Infoormasi Berbasisi Online Dalam Pengurusan Vaksin Calon Keberangkatan Jemaah Umrah Di Kantor Kelas Ii Pekanbaru”. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Digital Zone. Vol.7, No.2. 76.

Hermawansyah. 2021. “Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Berbasis Digitalisasi Di Era Covid 19”. Fitrah Jurnal Studi Pendidikan Vol.12 No.1. 28-46.

Https://Kbbi.Web.Id/Metode.Html

Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta. Deepublish.

Indra Suryawan, I Kadek dan Ngurah Agung Suaryana, I Gusti. 2018. “Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individual Dengan Insentif Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Lpd”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.13 No.2. 872.

Lisnawati, Ni Kadek, Dkk. 2017. “Pengaruh Personal Capability, Kecanggihan Teknologi Informasi, Perlindungan Sistem Informasi Dan Partisipasi Manajemen Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Pada Lpd Se-Kecamatan Ubud”. E-Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntans Program S. Vol.8 No.2. 2.

Lolong, Steven Dan Divikara Pius Purwadaria, Dipta. 2017. “Analisis Efektivitas Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Cobit 5.0 Di Universitas Klabat”, Cogito Smart Journal Vol.3 No.2, 186.

Nafiudin. 2019. Buku Ajar Mata Kuliah: Sistem Informasi Manajemen. Universitas Serang Jaya. Qiara Media.

Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar. Sulawasi Selatan. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sunu Punjul Tyoso, Jaluanto. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta. Deepublish.

Suprihanto, John. 2014. Manajemen. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Sutabri, Tata. Analisis Sistem Informasi. 2012. Yogyakarta. Andi.

Wahjono. 2016. “Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Di Lembaga Pendidikan Alfabank Semarang” Infokam Ii, Xii, 79-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v11i2.9805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Authors



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.