Filosofi Budaya Muakhi Perspektif Fauzie Nurdin

Khoirotu Alkahfi Qurun, Laskar PS Rari Dudha

Abstract


Setiap daerah pasti mempunyai tradisi budaya yang khas sebagai jejak peninggalan peradaban, begitu pula dengan masyarat adat lampung. pada masyarakat adat lampung ada satu budaya yang sangat baik, yakni disebut dengan istilah “muakhi”. Mirisnya, budaya yang arif ini sudah jarang terdengar dikalangan melinial dewasa ini, terlebih lagi menerapkannya dalam bermasyarakat. Artikel ini akan membahas bagaimana nilai filosofis budaya “muakhi” menurut Fauzei Nurdin sebagai putra daerah dan juga sebagai guru besar pada bidang keilmuan filsafat. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif analisis. Budaya “muakhi” terinternalisasikan menjadi bagian vital dari budaya lokal masyarakat Lampung dan memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai Islam. konsep budaya muakhi memiliki beberapa unsur nilai diantaranya: Nilai Keimanan (spiritual), nilai etika dan nilai sosial. Berangkat dari ketiga hirarki inilah bahwasanya konsep “Muakhi” sangatlah penting diterapkan dan juga dilestarikan dalam kehidupan sosial, terutama dilingkungan masyarakat Lampung.


Full Text:

PDF

References


DAPATAR PUSTAKA

A Fauzie Nurdin , Integralisme Islam Dan Kontribusi Budaya Muakhi Bagi Peradaban Masyarakat Relevansi Nilai-Nilai Filosofis Budaya Lokal Dan Pembangunan Masyarakat Lampung.

-------------------------------, Integralisme Islam Dan Kontribusi Budaya Muakhi Bagi Peradaban Masyarakat Relevansi Nilai-Nilai Filosofis Budaya Lokal Dan Pembangunan Masyarakat Lampung, Al-Adyan, Volume 14, No. 1, Januari-Juni, 2019

------------------------------, Budaya Muakhidan Pembangunan Daerah Perspektif Filsafat So Sial Pada Komunitas Adat Pubian Di Lampung, Alqalam 312 Vol 26, No. 3 (September-Des Ember 2009)

------------------------------, Budaya Muakhi Dan Pembangunan Daerah Menuju Masyarakat Bermartabat.

Budi Winarno, Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik: Filsafat, Teori Dan Metodologi, Volume 17, Nomor 1, Januari 2013

C. A. Van Peursen, Strategi Kebudayaan, (Kanisius : Yogyakarta 1988)

Departemen Agama Ri, Al- Qur’an Tajwid Dan Terjemah, (Bandung: Diponegoro, 2015)

Ellya Rosana, Konflik Pada Kehidupan Masyarakat (Telaah Mengenai Teori Dan Penyelesaian Konflik Pada Masyarakat Modern), Al-Adyan/Vol.X, No.2/Juli-Desember/2015.

Hidajat Nataatmadja, Kebangkitan Al-Islam,

Ida Bagus Gde Pujaastawa, Filsafat Kebudayan. Program Studi Antropologi Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Udayana 2015.

Khoirotu Alkahfi Qurun, Pengembangan Karakter Perspektif Hidajat Nataatmadja : Dari Potensi Ke Aktualisasi, Bina’ Al-Ummah Vol. 15 No.1 (2020).

Lasiyo dan A. FauzieNurdin, Budaya Muakhi Dan Pembangunan Daerah Perspektif Filsafat Sosial Pada Komunitas Adat Pubian Di Lampung. JUKNAL PENELITIAN AGAMA, VOL. XVII, NO. 3 SEPTEMBER-DESEMBER 2008.

M. Abdul Fattah Santoso, Filsafat Sosial Dalam Filsafat Islam Kontemporer: Wacana Masyarakat Madani Dan Kontribusinya Pada Filsafat Pendidikan , Jurnal Tsaqafah Vol. 10, No. 1, Mei 2014.

Muhammad Mahfud Ridwan, Kafirnya Filsuf Muslim: Ibn Rusyd Meluruskan Al-Ghazali, Kontemplasi, Volume 04 Nomor 01, Agustus 2016.H.167

Muhammad Nur , Paradigma Keilmuan Uin Raden Intan Lampung, Analisis: Jurnal Studi Keislaman, Volume 18, Nomor 1, Juni 2018.

Sirajuddin Zar, Filsafat Isalam Filosof Dan Filsafatnya, Pt Rajagrafindo Fersada,

Supawi Pawenang, Filsafat Sosial Karl Marx , Jurnal Suhuf, Vol. Xvii, No. 01/Mei 2005: 50-60




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijitp.v2i2.6998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy (IJITP) [p-ISSN: 2656-8748, e-ISSN: 2686-4304]

Office: Akidah dan Filsafat Islam Program, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, INDONESIA

Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, KP. 34513. Email: ijitp@radenintan.ac.id

Licency:

Creative Commons License

All articles published by Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy (IJITP) are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.