Determinan Penggunanaan Rekening Bank Syariah Pada Pengelola Masjid di DKI Jakarta

edi setiawan, faozan amar

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif yang menggunakan metode deskriptif analitis. Dalam hal ini dengan cara mendeskripsikan Analisis Determinasi Pemahaman Pemilihan Rekening Bank Syariah Pada Pengurus Masjid di DKI Jakarta. Rendahnya pemahaman pengurus Takmir Masjid akan pemahaman  produk bank syariah apalagi kemanfaatan rekening bank syariah bagi perekonomian umat. Untuk itu perbankan syariah harus terus melakukan sosialisasi lebih gencar lagi lewat media yang lebih populer di pengurus Takmir Masjid.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepemilikan rekening dalam bank syariah dari berasal dari pengurus/lembaga/takmir masjid sebesar 55,1 persen. Sedangkan rekening syariah yang dimiliki pribadi sebesar 50 persen. Berbeda sedikit dengan yang dikelola dengan menggunakan nama pengurus/lembaga/takmir.


Keywords


Pemahaman Bank Syariah; Rekening Bank Syariah; Pengurus Masjid

References


Ayub, Moh. E. Dkk. (1996). Manajemen Masjid, Gema Insani Press: Jakarta.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV. Badan Penerbit Universitas Diponegor: Semarang.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Balai Penerbitan Fakultas Ekonomi: Yogyakarta.

Islamic Banking Statistics, Bank Indonesia, 2009, https://www.scribd.com/doc/76921094/Pengaruh-Sosialisasi-Perbankan-Syariah-Terhadap-Preferensi-Masyarakat-Dalam-Memilih-Bank-Syariah diakses 26 Juli 2016.

Masyarakat Ekonomi Syariah. 2013, Syariah Economic outlook, Jakarta

Panduan Pelaksanaan Penelitian di Perguruan Tinggi Edisi IX, Dirjen Dikti Kemendikbud 2013.

Rasyid, Abdul (2016). http://business-law.binus.ac.id/2016/03/31/potensi-perkembangan-keuangan-syariah-di-indonesia/ diakses Kamis, 21 Juli 2016,

Ratnawati, Anny. Dkk. (2016). Bank Syariah Potensi Preferensi & Perilaku Masyarakat di Wilayah Jawa Barat, Jawa Barat: Lembaga Penelitian IPB.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Edisi Pertama. Cetakan Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafi’i, Antonio. (2001). Bank Syariah; dari Teori ke Praktek, Gema Insani Press: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/febi.v2i2.1398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 IKONOMIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ikonomika : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam  is a Journal of Islamic Economics and Business, Published by the Faculty of Islamic Economics and Business at UIN Raden Intan Lampung Indonesia. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.