Islamic Education System and Muslim Identity in Southeast Asia

https://doi.org/10.24042/jw.v2i1.2775

Moh. Mukri

Abstract


Meningkatnya perhatian masyarakat terhadap Islam di Asia Tenggara menunjukkan trend positif bagi pengembangan studi Islam. Namun demikian, perlu diberikan pemahaman gambaran yang memadai tentang tradisi Islam di Asia Tenggara sehingga kajian yang dilakukan tidak luput dari konteks yang sebenarnya. Artikel ini berusaha mendeskripsikan tradisi pendidikan Islam di wilayah Asia Tenggara. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Asia Tenggara telah berkembang pesat dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Proses pendidikan Islam tersebut pada gilirannya melahirkan tradisi Jawi. Secara simbolik dan fungsional tradisi Jawi tersebut mengembangkan identitasnya sendiri yang asli tanpa merusak karakter Islam dan karakteristik kognitifnya.

Full Text:

PDF

References


Azra, Azyumardi. The Origins of Islamic Reformism: Networks of Malay-Indonesian and Middle Eastern 'Ulama in the 17th and 18th Centuries. Hawaii: University of Hawaii Press, 2004.

Bustamam-Ahmad, Kamaruzzaman & Jory, Patrick (editors). Islamic studies and Islamic education in contemporary Southeast Asia. Kualalumpur: Yayasan Ilmuwan, 2011.

Feener, R. Michael. "Religious Networks between the Middle East and Southeast Asia", IIAS Newsletter No.33 (2004).

Laffan, Michael Francis. "An Indonesian Community in Cairo: Contunuity and Change in a Cosmopolitan Islamic Milieu", Indonesia No.77 (2004).

Laffan, Michael Francis. Islamic Nationhood and Colonial Indonesia: The Umma Below the Winds. London and New York: Routlet Curzon, 2003.

Meuleman, Johan Hendrik. "Tradition and Renewal with Islamic Studies in South-East Asia: The Case of the Indonesian IAINs”, in Islamic Studies in ASEAN - Presentations of an In Seminar. College of Islamic Studies, Prince of 5 University, Pattani, 2000.




DOI: https://doi.org/10.24042/jw.v2i1.2775

Article Metrics

Abstract views : 25 | PDF downloads : 16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.