Pesan Dakwah Dalam Lagu “Ya Asyiqol Musthofa” Cover Versi Nissa Sabyan (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure)

Alwanul Fikri

Abstract


Penelitian ini akan mengungkap makna pesan dakwah dalam lagu “Ya Asyiqol Musthofa” yang di cover oleh Grup Musik Sabyan Gambus dengan menggunakan analisis semiotik Ferdinand de Saussure.  Achmad Mushoffa, seorang vokalis Grup Hadroh Al-Mubarok yang berasal dari Kudus merupakan penulis lagu ini. Dalam tulisan ini metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Teori Saussure mengungkapkan bahwa tanda pada hakikatnya mempunyai unsur saling keterkaitan yaitu antara penanda, pertanda maupun makna yang ingin disampaikan kepada para pendengarnya. Lirik Lagu Ya Asyiqol Musthofa berisikan tentang sebuah kerinduan umat kepada sosok Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut dapat ditinjau dari judul lagunya “Ya Asyiqol Musthofa” yang memiliki makna “wahai perindu Nabi”. Dalam proses analisis semiotik ini, penulis mencoba merelevansikan makna dari lirik lagu “Ya Asyiqol Musthofa” dengan pesan dakwah apa yang terdapat di dalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam setiap bait lirik lagu “Ya Asyiqol Musthofa” terdapat makna yang memiliki saling keterhubungan antara bait, baik bait satu maupun dengan bait selanjutnya.


Keywords


Pesan Dakwah, Lirik Lagu, Ya Asyiqol Musthofa

References


Al-Falah, Adib, Singgih Kuswardono, and Retno Purnama Irawati. “Semiotika Dalam Lirik Lagu ‘AL BARQ AL YAMANI’ Oleh Nissa Sabyan Dan Adam Ali.” Journal Of Arabic Learning and Teaching 10.1 (2021): 59–73. http://journal.unnes.ac.id/sju/imdex.php/laa/article/download/51936/20312.

Arif, Budi Prasetya. Analisis Semiotika Film Dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing, 2019.

Aripudin, Acep. Dakwah Antarbudaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

AS, Enjang, Hajir Tajiri. Suatu Pendekatan Teologis & Filosofis. Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Bambang, S Ma’arif. Komunikasi Dakwah, Paradigma Untuk Aksi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Carlessa, David, and Kitrina Douglas. “‘What’s in a Song? How Songs Contribute to the Communication of Social Science Research.’” British Journal of Guidance & Counselling 39.5 (2011): 439–54.

Cynthia, Mega. “Pesan Dakwah Dan Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu ‘Sebujur Bangkai’ Rhoma Irama.” Inteleksia Journal 2.1 (2020): 107–26. http://inteleksia.stidalhadid.ac.id/index/php/inteleksia/article/download/62/36.

Hafiduddin, Didin. Dakwah Aktual. Jakarta: Gema Insani, 2000.

Hidayat, Mansur. “Model Komunikasi Dakwah Milenial Di Youtube Pada Lagu Aisyah Istri Rasulullah.” At Tabsyir 7.2 (2020): 264–86.

http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/449.

Hidayat, Rahmat. “Analisis Semiotik Makna Motivasi Pada Lirik Lagu ‘Laskar Pelagi’Karya Nidji.” Jurnal Ilmu Komunikasi 2 (2014).

Hosen, Muhamed, and Rakhmad Saiful Ramadhani. “Pesan Religi Pada Lirik Lagu Cinta (Analisis Semiotika Riffaterre Pada Lagu Populer Karya Grup Band Letto).” Pawitra Komunika 1.1 (2020): 1–18.

http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika/article/download/723/397.

Larsen, Gretchen, Rob Lawson, and Sarah Todd. “‘The Symbolic Consumption of Music.’” Journal Of Marketing Management 26 (2010): 671–85.

M. Bahri, Ghazali. Dakwah Komunikatif Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1997.

Masduki. Menjadi Broadcaster Profesional. Yogyakarta: LKiS, 2005.

Moeleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Morissan. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana, 2013.

Munir, M. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana, 2009.

Muslimatin, Nurul, and Eric Dwi Rufianto. “Stilistika Dakwah Pada Lirik Lagu ‘Kebesaran Mu’-ST12.” Al-I’Lam Journal 5.1 (2021): 85–100.

http://journal.ummat.ac.id/index.php/jail/article/download/5187/3058.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Sukayat, Tata. Ilmu Dakwah: Perspektif Filsafat Mabadi ’Asyarah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v5i1.11379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KOMUNIKA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206