Konstruksi Realitas Simbolik Makna Islam Damai Dalam Program Damai Indonesiaku Tvone

Alfan Bachtiar, Lukman Al-Hakim

Abstract


Tujuan dari penelitian yang berjudul Konstruksi Realitas Simbolik Makna “Islam Damai” dalam Program Damai Indonesiaku TVOne yakni: Pertama, menganalisis teori Konstruksi Sosial Realitas terhadap makna “Islam Damai” dalam program Damai Indonesiaku. Kedua, menganalisis hasil konstruksi makna “Islam Damai” dengan metode analisis framing model Robert M. Entman.

Jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini ada dua, yaitu penelitian kepustakaan (library research), dan penelitian lapangan (field research). Sedangkan teori yang digunakan dalam tesis ini, yaitu teori Konstruksi Sosial Realitas Peter L. Berger dan Thomas Luckman dan analisis framing model Robert M. Entman.

Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa dalam mengkonstruksi realitas simbolik makna “Islam Damai” dalam Program Damai Indonesiaku TVOne. Dalam  pandangan konstruksi sosial realitas Peter L. Berger dan Thomas Luckman terbagi kedalam tiga unsur, yaitu: pertama, eksternalisasi, yaitu ekspresi diri dengan dunia sosio-kultural sebagai produk manusia. Maka tahapan eksternalisasi individu dapat dilihat dari ekspresi penonton Damai Indonesiaku pada pesan-pesan “Islam Damai” program Damai Indonesiaku baik mental maupun fisik. Kedua objektivasi, yaitu Interaksi penonton Damai Indonesiaku dengan lingkungannya hasil dari proses eksternalisasi. Dalam konteks ini proses interaksi penonton Damai Indonesiaku dengan lingkungannya dan menjadi habitualisasinya (rutinitasnya) Sehingga apa yang disadari adalah apa yang dilakukannya. Ketiga  Internalisasi, yaitu kesadaran penonton Damai Indonesiaku dalam menerima, menyerap, mendefinisikan, merespons, mengambil sikap dan tindakan yang bervariasi terhadap pesan-pesan “Islam Damai” dari para penceramah Damai Indonesiaku kedalam dirinya dan mengidentifikasi dirinya sebagai pemirsa setia Damai Indonesiaku. Adapun metode analisis framing Entman terbagi kedalam empat element yaitu: Define problems, menekankan bagaimana peristiwa dan isu yang dipahami program Damai Indonesiaku dan terdapat aspek penilaian dalam elemen ini. Diagnose causes, yang melatar belakangi masalah isu yang diangkat pada program Damai Indonesiaku dan dapat ditujukan pada aspek what (apa), juga dapat pada aspek who (siapa). Unsur what dan who dianggap sebagai sumber isu yang diangkat. Make moral judgement, merupakan elemen framing yang dipakai untuk membenarkan atau memberi argumentasi pada pendefinisian isu yang sudah dibuat pada program Damai Indonesiaku sehingga dibutuhkan sebuah argumentasi kuat guna mendukung gagasan tersebut. Treatment recommendation, merupakan elemen untuk menilai apa yang ditayangkan program Damai Indonesiaku. Berbagai bentuk alternatif solusi yang ditayangkan program Damai Indonesiaku dari satu isu yang diangkat.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi, Graha Ilmu 2011.

Asmaun Sahlan, dan Teguh Prastyo Angga, Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Bungin, Burhan, Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen serta Kritik terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann, cet-3, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Efendi, Onong Uchyana, Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti,1993.

Entman, Robert M. Framing: Toward Clarification of A Fractured Paradigm, Journal of Communication: Desember 1993.

Fachruddin, Andi, Dasar-dasar Produksi Televisi, Kencana, Prenada Media Group, Jakarta, Edisi Perdana, 2012.

Hafiduddin, Didin, Dakwah Aktual, Jakarta: Gema InsaniPress,1998.

Kuswandi, Wawan, Komunikasi Massa: sebuah analisis isi media televisi (Jakarta: rineka cipta, 1996).

Morissan, M.A. Manajemen Media Penyiaran (Strategi Mengelola Radio & Televisi). (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008).

Natsir, Muhammad, Fiqh al Da’wah Dalam Majalah Islam, Kiblat, Yogyakarta: Mitra Pustaka 1971.

Suparno, Paul, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Tebba, Sudirman, Islam Pasca Orde Baru, PT. Tiara Wacana Yogya 2001.

Wijaya Baskara Herwindya Sri, dkk. “Konstruksi Media Kompas Online terhadap Peristiwa Pengungsi Rohingya”, Jurnal Komunikasi Massa Vol.6 No. 2, Juli 2013.

DokumendanWebsite:

DokumentasiTVOne, diaksespada 14 Mei 2020, pukul 21:40 WIB.

https://www.indosiar.com/religious-program/pintu-pintu-syurga.html, diakses 10 Oktober 2019, pukul 18:48 WIB.

https://tvonenews.tv/profil, di aksespada 14 Nopember 2019, pukul 23:49 WIB.

https://tvonenews.tv/program, diakses 10 Oktober 2019, pukul 18:48 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v3i2.7335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KOMUNIKA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206