Uses And Gratification Tayangan Drama Korea Terhadap Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Andi Rahmad, Mia Nurislamiah, Anton Widodo

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diajukan oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Islam dalam menonton drama Korea. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaktif. Dan mengumpulkan data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode triangulasi. Sedangkan uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gratifikasi yang dicari (motif) mahasiswa Komunikasi Islam dan Penyiaran di Universitas Islam Al-Ihya Kuningan adalah sebagai sarana hiburan, di mana dengan hiburan dapat melepaskan pikiran dan membuat pikiran kembali. 2) Gratifikasi yang diperoleh (kepuasan) mahasiswa Komunikasi Islam dan Penyiaran mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan lebih besar dari kepuasan yang dibutuhkan, sehingga pemirsa dapat puas setelah menonton drama Korea.

.


Keywords


Uses and Gratification, Students, Korean Drama

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Burkhardt, H, Recognizing Outstanding Ph, G Vogiatzis, C Hernández, Lutz Priese, Matthew Harker, and others, “Representasi Penyandang Disabilitas Dalam Film (Analisis Semiotika Barthes Dalam Film Serial Animasi “Nussa Dan Rara”)”, Society, (2019) (https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004).

Handi, and Oktavianus, “Praktek Eksorsis Di Dalam Film Conjuring”, E-Komunikasi, 3.2 (2015).

Hidayat, Muhammad Taufiq, “Computers in Human Behavior”, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, (2019), 9–57 (https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008).

Indonesia, Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik, “Hallyu : Gelombang Korea (Korea Wave)” (http://overseas.mofa.go.kr/id-id/wpge/m_2741/contents.do) [accessed 5 April 2020]

Indotesis.com, “Pengertian, Jenis Dan Unsur Drama” (https://medium.com/@indotesis/pengertian-jenis-dan-unsur-drama-1d69c088bcab) [accessed 5 April 2020]

Kriyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset Komunikasi, Google Books”, Kencana Prenada Media Group, (2006) (https://books.google.co.id/books?id=gI9ADwAAQBAJ&pg=PA215&lpg=PA215&dq=Gratification+Obtained+adalah+sejumlah+kepuasan+nyata+yang+diperoleh+individu&source=bl&ots=b_hjAuy82d&sig=ACfU3U0qYLBaWyNh9FKwytG0zgxGNXzuBg&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiY_dn7vuToAhVZfSsKHU) [accessed 5 April 2020]

Moleong, Lexy J., “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)”, in PT. Remaja Rosda Karya, (2017).

Nompo, Ismed, “Uses and Gratification Theory”, (2016) (https://www.kompasiana.com/ismednompo/58154bb5579773b5621e253b/uses-and-gratification-theory?page=all).

Paluseri, “Kondensasi Dalam Analisis Data Penelitian Kualitatif”, (2019) (https://kacamatapustaka.wordpress.com/2019/11/08/kondensasi-dalam-analisis-data-penelitian-kualitatif-2/).

Puspita, Rintan, and Pangerang, “10 Drama Korea Terbaru Tayang Maret 2020, Yang Mana Paling Dinantikan?”, (2020) (https://www.kompas.com/hype/read/2020/02/28/154714766/10-drama-korea-terbaru-tayang-maret-2020-yang-mana-paling-dinantikan?page=all)

Qur'an Kemenag, “Qur'an Kemenag”, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur”an, (2020).

Sapari, Yusuf, “Komunikasi Dalam Perspektif Teori Pertukaran”, Jurnal Signal, 6.1 (2018), (https://doi.org/10.33603/signal.v6i1.950).

Sari, Deshinta Firstiiana, “Motif Menonton Drama Korea Di Televisi Oleh Remaja Surabaya”, Commonline Departement Komunikasi, 4.1 (2015), (http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-comme465029b70full.pdf.)

Sari, Yunita Wulan, “Dampak Tayangan Drama Korea “Fashion King” Di Indosiar Pada Perilaku Konsumtif Remaja Putri Di Desa Karya Jaya”, 2.2 (2014), (https://www.printfriendly.com/p/g/L4Z4Ht) [accessed 5 April 2020]

Siahaan, Oleh Chontina, “Peran Media Televisi Dalam Pembentukan Realitas”, Online Jurnal Universitas Kristen Indonesia, 5.23 (2018).

Suyitno, “Penelitian Kualitatif”, Journal Equilibrium, 5 No. 9.c (2009), (yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf)

Utomo, Dea Anggraeni, “Motif Pengguna Jejaring Sosial Google + Di Indonesia”, E-Komunikasi, 1.2 (2013).

Widoawati, Dewi, “Efek Media Massa Terhadap Khalayak”, Jurnal Adzikra, 3.1 (2012), 75–98 (https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004).

Wikipedia, “Teori Penggunaan Dan Pemenuhan Kepuasan”, (2019) (https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_penggunaan_dan_pemenuhan_kepuasa)




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v3i1.6635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KOMUNIKA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206