MQ FM dan Pengembangan Dakwah (Studi tentang Peran Radio 102.7 MQ FM dalam Usaha Pengembangan Dakwah Islam di Wilayah Bandung)

Faisal Muzzammil, Umi Rojiati

Abstract


Aktivitas Dakwah Islamiyah dapat dilakukan dengan metode dan media apapun, termasuk juga dengan berdakwah melalui radio. Radio 102.7 MQ FM merupakan radio dakwah yang ada di wilayah Bandung. Radio ini mempunyai peran penting dalam usaha pengembangan dakwah Islam di wilayah Bandung, melalui program siarannya yang terbagi menjadi dua bentuk, yakni: On Air dan Off Air. Dengan menggunakan metode penelitian Studi Kasus dan merujuk pada teori Difusi Inovasi, ada lima peran penting dari Radio MQ FM dalam usaha pengembangan dakwahnya, yaitu: 1) Pengetahuan; 2) Persuasi; 3) Keputusan; 4) Pelaksanaan; dan 5) Peneguhan.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. Komala, Lukiati & Karlinah, Siti. (2009). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, H.M. Burhan. (2008). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada.

Cangara, Hafid. (200). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarat: Raja Grafindo.

Choirunnisa, Indah. (2014). Analisis Deskriptif Format Siaran Manajemen Qolbu di Radio 102.7 MQ FM Bandung. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, 10 (2).

Creswell, John W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ghazali, Bahri. (1997). Dakwah Komunikatif: Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Hanafi, Abdillah. (1987). Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Surabaya: Usaha Nasional.

M. Romli, Asep Samsul. (2009). Broadcast Journalism: Panduan Menjadi Penyiara, Reporater dan Scriptwriter. Bandung: Nuansa Cendekia.

Masduki. (2004). Radio Siaran dan Demokratisasi. Yogyakarta: Penerbit Jedela.

Nurhadi, Fahrun Nurhadi. (2015). Teori-Teori Komunikasi: Dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prayudha, Harley. (2005). Radio Suatu Pengantar untuk Wacana dan Praktik Penyiaran. Malang: Bayu Media Publishing.

Rogers, Everret M. (2005). Diffusion of Innovation: Fifth Edition. New York: Free Press.

Siddiq, Mohamad Fajar. (2015). Dakwah Melalui Radio. Bandung: Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam Unisba.

Syukir, Asmuni. (1983). Dasar-Dasaar Strategi Dakwah. Surabaya: Al Ikhlas.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v4i1.8241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KOMUNIKA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206