Media Massa Dalam Upaya Pemahaman Tentang Social Distancing Kepada Masyarakat

Khomsahrial Romli

Abstract


Media massa dapat menjadi sarana informasi utama dalam kehidupan masyarakat. Dimana dalam media massa terdapat banyak informasi penting yang dapat mengedukasi dengan lebih efektif dan efisien. Seperti pada masa pandemi sekarang, dimana masyarakat memerlukan informasi mengenai cara menangani virus covid-19. Karena virus ini sangat baru sehingga banyak masyarakat yang belum paham akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan mereka saat ini. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah  mengetahui peranan media massa ketika memberi informasi mengenai virus covid-19 serta protokol kesehatan untuk menanganinya terutama social distancing. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menghasilkan data berbentuk deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Perwata, Kecamatan Teluk Betung bagian Timur Bandar Lampung, yaitu dengan melakukan wawancara bersama anggota satuan tugas penanganan virus covid-19 dan 10 orang warga kelurahan perwata. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah warga kelurahan perwata sudah paham akan virus covid-19 dan juga protokol kesehatan terutama social distancing. Sebagian besar dari mereka mengetahui informasi tersebut melalui media massa televisi dan juga media sosial. Dimana alasan mereka memilih kedua media tersebut adalah sumber informasi dari media televisi dan media sosial jelas dan dapat dipercaya. Selain itu pihak satuan tugas penanganan virus covid-19 kelurahan perwata juga sudah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai virus covid-19 dan juga protokol kesehatan dengan menggunakan sarana yang disediakan. Namun pemilihan media yang digunakan masih belum mumpuni yang menyebabkan informasi yang disampaikan menjadi kurang jelas dan sulit dijangkau oleh masyarakat.


Keywords


Media Massa, Pandemi Virus Covid-19, Pemahaman, Social Distancing.

Full Text:

PDF

References


Anies. “Seluk Beluk Corona Virus Yang Wajib Dibaca.” In Seluk Beluk Corona Virus Yang Wajib Dibaca, 26–27. Yogyakarta: Arruzz Media, 2020.

Defrizal, Defrizal, Khomsahrial Romli, Agus Purnomo, and Hengky Achmad Subing. “A Sectoral Stock Investment Strategy Model in Indonesia Stock Exchange.” Journal of Asian Finance, Economics and Business 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.015.

Farida, Ida; Setiawan, Refly; Sandika, Deny; Maryatmi; Sri, Anastasia; Romli, K. “Strategy of The Transportation Department to Overcome Traffic Congestion Through The Utilication of Energy Based on Area Traffic Control System in The City of Bandar Lampung,” 2020.

Hamad, Ibnu. Komunikasi Dan Perilaku Manusia., 2014.

Loebis, Zamira. “Panduan Pecegahan Dan Penanganan Covid-19.” In Panduan Pecegahan Dan Penanganan Covid-19, 74. Jakarta: PT Papas Sinar Sinanti, 2020.

Morissan. “Teori Komunikasi Individu Hingga Massa.” In Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, 217. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Novira, Nina; Iskandar, Rudi; Bahraen, R. Persepsi Masyarakat Akan Pentingnya Social Distancing Dalam Penanganan Wabah Covid-19 Di Indonesia., 2020.

Nurudin. Pengantar Komunikasi Massa., 2015.

Pratama, Novian Agung, and Dasrun Hidayat. “Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Memaknai Social Distancing.” Jurnal Digital Media & Relationship 2, no. 1 (2020).

Rahman, A. ; Y. S. D. Panduan Kesiapsiagaan Mengenai Virus Corona. In Panduan Kesiapsiagaan Mengenai Virus Corona. PT Elex Media Komputi, 2020.

Romli, Khomsahrial. Komunikasi Massa., 2016.

Sugiyono. “Pengertian Metode Kualitatif.” In Metode Penelitian Kualitatif, 24, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v4i1.8882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KOMUNIKA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206