Bimbingan dan Konseling Karir Remaja “Studi Komparasi SMP IT Abu Bakar dan SMP Taman Dewasa Ibu Pawiatan Yogyakarta”

Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Pelaksanaan bimbingan konseling karir siswa di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan SMP Taman Dewasa Ibu pawiatan Yogyakarta dalam pembinaan karir terhadap siswa menunjukan perbedaan baik itu perbedaan dari segi program layananan bimbingan konseling karir, maupun orientasi layanan karir terhadap siswa. Hal ini dapat kita lihat layanan program BK karir di SMP IT Abu Bakar kami nilai cukup baik bagi perkembangan siswa dimulai dengan pengukuran minat bakat SMP IT Abu Bakar menggunakan alat tes AMT dalam mengukur minat bakat siswa. Pengarahan bimbingan konseling karir SMP IT Abu Bakar dibagi tingkatanya untuk kelas 7 dan 8 lebih mengarah beberapa kegiatan ekstrakulikuler dan study club, dan untuk yang kelas 9 lebih kearah keorganisasian dan mengenal sekolah tingkat selanjutnya yakni dalam sekolah tingkat atas dan berbagai jurusan di SMA, atau pun SMK. Dan adapun untuk program bimbingan karir di SMP Taman Dewasa Ibu pawiatan adalah Program BK karir di SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta diantaranya program layanan harian, layanan mingguan, dan layanan bulanan. Sedangkan Pelakasanaan BK kariri di SMP taman dewasa Ibu Pawiyatan lebih menekankan pada kegiatan pengembangan ekstra kulikuler kebudayaan dan sosial dan untuk menunjang persiapan karir kelas 9, SMP taman dewasa Ibu pawiyatan mengadakan pemetaan karir dan penyuluhan atau pengenalan beberapa sekolah tingkat selanjutnya atau sekolah menengah atas. Konsep pelaksanaan BK karir di SMP taman dewasa Ibu Pawiyatan ini lebih mudah dan fleksibel untuk mengatasi masalah masalah para siswa. Bimbingan konseling karir yang disampaikan penulis dalam jurnal ini tentunya menjadi sebuah kontribusi keilmuan para insan akademis dalam mengkaji tentang pelaksanaan bimbingan konseling karir yang di terapkan di sekolah dalam rangka mengembangkan karir siswa.


Keywords


Bimbingan; Karir

References


Dalil, S. (2002). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Lexy, J. M. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdaya Karya.

Marliyah, L., Dewi, F., & Suyasa. (2004). Persepsi Terhadap Dukungan Orang Tua dan Pembuatan Keputusan Karir Remaja. Jurnal Provitae, 1(1).

Moleong, L. J. (1994). Metode Penelitian Kualitatif. bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Nurihsan, A. J. (2011). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.

Nursalim, M. (2010). Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial. Yogakarta: Ladang Kata.

Nursalim, M. (2013). Pengembangn Media Bimbingan dan Konseling,. Yogyakarta: Indeks.

Prayitno. (2008). Trylogy Profesi Konselor. Makalah Disampaikan dalam Seminar Nasional BK, UNP.

Rahma, U. (2010). Bimbingan Karir Siswa. Malang: UIN-Maliki Press.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi, D. K. (2000). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah,. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Winkel, W. S. S. J. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grapindo.

Yusuf LN, S., & Nurihsan, J. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rodayakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/kons.v5i1.2559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Konseli : Jurnal Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.