Prevalensi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri I Bandar Lampung

defriyanto defriyanto, Oki Dermawan

Abstract


Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah, perlu diberikan bantuan-bantuan yang dapat mengatasi mereka dalam proses pembelajaran. Ada baiknya sebelum dilakukan upaya membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar, perlu diketahui seberapa besar prevalensi (angka kejadian) peserta yang mengalami kesulitan belajar.  Mengukur prevalensi kesulitan belajar di madrasah memang perlu dilakukan, karena hal ini akan berhubungan dengan diagnosis kesulitan belajar dan program apa yang tepat diberikan kepada peserta didik. Dengan mengetahui prevalensi kesulitan belajar peserta didik di madrasah, maka akan membantu guru dalam memberikan bantuan yang tepat kepada peserta didik tersebut. Madrasah Aliyah Negeri I Bandar Lampung merupakan madrasah Aliyah yang memiliki peserta didik yang sangat banyak. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bimbingan konseling di madrasah ini ada sejumlah siswa yang prestasi belajarnya rendah dan mengalami kesulitan belajar (Wawancara dengan ibu Dina Kurniasih).  Adapun rumusan masalah penelitian ini: Bagaimana profil kesulitan belajar peserta didik di MAN I Bandar Lampung?  dan Berapa besar prevalensi kesulitan belajar di MAN I Bandar Lampung? Berdasarkan hasil analisis data maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prevalensi kesulitan belajar di Madrasah Aliyah Negeri I Bandar Lampung sebesar 26, 2%. Prevalensi kesulitan belajar lebih banyak terjadi pada peserta didik laki-laki dari pada peserta didik perempuan. Sedangkan Tempat tinggal peserta didik dan jurusan tidak menentukan prevalensi kesulitan belajar. Boleh dikatakan bahwa tempat tinggal dan jurusan peserta didik tidak menunjukkan perbedaan prevalensi kesulitan  belajar yang dialami oleh peserta didik tersebut.


Keywords


Prevalensi; Kesulitan; Belajar

References


Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Penerbit Raja, 2004.

Emzir, Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2004.

Awang, Amir. Teori dan Amalan Psikoterapi. Ed Ke- 1 Pulau Pinang : Universiti Sains Malaysia. 1987

Brophy Jere. Motivating Students to Lern. United States of America : Mc Graw Hil Company. 1998

Bungin B. Analilis Data Penelitian: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2003

Corey G. Theory and Practice of Conseling and psychotherapy, Australia: Thomson Brooks. 2005

Creswell, J. W. Research Design: Qualitative and Quantitative Approachhes. Thousand Oaks California: SAGE Publication. 2007

Defriyanto. Laporan hasil penelitian dalam jurnal Sinergis Kopertais Wilayah XIII. Penerbit : Kopertais Wilayah Jambi. 2014

Defriyanto. Laporan hasil penelitian individu. Pusat Penelitian dan Penerbitan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2014

Defriyanto, Hubungan Keterampilan Belajar dan Sarana Belajar Dengan Prestasi Belajar, Laporan Penelitian Individu. Bandar Lampung : Pusat Penerbitan IAIN Raden Intan Lampung.2014

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta : Penerbit Raja. 2012

Kerlinger, Fred N. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Jogyakarta, Penerbit : Gadjah Mada University Press. 2004

Mulyono, Abdurrahman. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2012

Santoso, Singgih, Aplikasi SPSS Pada Statistik Non Parametrik, Jakarta, Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Senduperdana, Arie, Metode Penelitian Ilmiah. Jakarta, Penerbit : Sentrajaya Utama, 2006

Yusuf, Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan, Jakarta : Prenadamedia Group, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/kons.v5i1.2635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Konseli : Jurnal Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.