Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Padang Cermin Kabupaten Pesawaran

https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.554

Yahya AD, Winarsih Winarsih

Abstract


Komunikasi merupakan bentuk tingkah laku seseorang baik verbal maupun non-verbal yang ditanggapi oleh orang lain. Setiap bentuk tingkah laku yang mengungkapkan pesan tertentu, sehingga juga merupakan sebentuk komunikasi. Berdasarkan hasil observasi dan penyebaran kuesioner yang penulis lakukan di SMA Negeri 2 Padang Cermin Kab. Pesawaran masih terdapat peserta didik kelas XI yang memiliki komunikasi interpersonal yang rendah seperti: berbicara pada saat ada yang sedang menyampaikan pesan, terbata-bata saat sedang menyampaikan pesan atau tujuan, sering menggunakan bahasa yang sulit dipahami sehingga mengakibatkan multitafsir, kemauan yang rendah untuk mengakui kesalahan dan cenderung menyalahkan orang lain, kurangnya rasa akrab, membantah perintah. Atas dasar hal tersebut peneliti mencoba menerapkan layanan bimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi interpersonal peserta didik dan untuk mengetahui apakah komunikasi interpersonal dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan pribadi-sosial peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padang Cermin Kb. Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian berjmlah 10 peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padang Cermin Kab. Pesawaran tahun pelajaran 2016/2017 yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, metode kuisioner, wawancara, dan dokumentasi tehnik pendukung. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat peningkatan terhadap komunikasi interpersonal peserta didik di sekolah sebelum diberikan layanan konseling kelompok dan sesudah diberikan layanan. Hal ini ditunjukan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (t-test), dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh dalam kelompok eksperimen t hitung = 50.250 > t tabel 0.05 = 2.262, df= n-1= 10-1=9 dengan p value < t tabel (0.000 < 0.005), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang bermakna layanan bimbingan pribadi-sosial dapat meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru bimbingan perlu menindak lanjuti jika terdapat peserta didik yang mengalami hambatan atau kesulitan dalam bekomunikasi di lingkungannya. Karena hal ini dapat mempengaruhi peserta didik dalam proses berinteraksi serta belajar mengajar, dengan dapat menerapkan layanan konseling kelompok bimbingan pribadi-sosial.


Keywords


Layanan; Bimbingan; Pribadi; Sosial; Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Ahmad Juntika Nurihsan. 2014. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Ainur Rohim Faqih. 2011. Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Yogyakarta: UII Press.

Anas Sudijono. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Anwar Sutoyo. 2012. Pemahaman Individu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Azwar Saifuddin. Penyusunan Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depag RI. 2006. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV.Diponegoro.

Dewa Ketut Sukardi. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Dian Wisnu Wardani & Sri Fatmawati. 2012. Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika.

Eko Putro Widiyoko. 2014. Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farid Mashudi. 2012. Psikologi Konseling. Yogyakarta: Salemba Humanika.

Herdiansyah Pratama. “Pola Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dengan Anak Termotivasi Berprestasi Pada Anak” (On-Line), Tersedia id://repository.uinjkt.ac.i/dspace/beitstream/123456/1854/I/HERDIANSYAH%20PRATAMA-FDK.pdf (14 April 2015.

Ingrit Nanisrinuria. 2013. “Program Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa”. Skripsi Program Stara 1 Universitan Pendidikan Indonesia, Bnadung.

Martin Handoko & Theo Riyanto. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta. Kanisius.

Isnaini Maulina Putri. 2015 “pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial dengan teknik latihan asertif pada peserta didik terisolir kelas ix madrasah tsanawiyah muhammadiyah sukarame bandar lampung. .Jurnal Skripsi Program Stara 1 IAIN Raden Intan Lampung.

Muhammad Ahdiyat. 2013 “Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi Melalui Layanan Konseling Kelompok”, Jurnal Skripsi Program Stara 1 Universitas Negeri Semarang UNNES. Semarang.

Mohammad Nuh, Permendiknas No. 111 Tahun 2014, http:// permendikbud-no-111-tahun-2014-tentang-bimbingan-dan-konseling.pdf-adobe reader. diakses Jum’at, 27 Februari 2015 pukul 10:20 WIB.

Pengertian Komunikasi (On-Line), tersedia di: https://id.m.wikipedia.org/wiki/komunikasi (13 April 2015).

Putri Paradise Atmaja. 2015.“Pengaruh Konseling Behavior dalam Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi”. Jurnal Skripsi Program Stara 1 IAIN Raden Intan Lampung.

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Rifda EL Fiah. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandar Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Samsul Munir Amin. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Sarlito W. Sarwono & Eko A Mainarno. 2009. Psikologi Sosial. Depok: Salemba Humanika.

Slamet Santoso. 2014. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Majagemen. Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Grafindo Persad.

Tohirin. 2009. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Intelegensi. Jakarata: Rajawali Pers.

Zainal Aqib. 2012. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.554

Article Metrics

Abstract views : 1131 | PDF downloads : 2415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Konseli : Jurnal Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.