Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Padang Cermin Kabupaten Pesawaran

Yahya AD, Winarsih Winarsih

Abstract


Komunikasi adalah bentuk perilaku seseorang baik verbal maupun non-verbal yang direspon oleh orang lain. Setiap bentuk perilaku yang mengekspresikan pesan tertentu, sehingga juga merupakan bentuk komunikasi. Berdasarkan hasil pengamatan dan penyebaran kuesioner yang penulis lakukan di SMA Negeri 2 Kabupaten Padang Cermin. Pesawaran masih ada siswa kelas XI yang memiliki komunikasi interpersonal rendah seperti: berbicara ketika seseorang menyampaikan pesan, gagap saat menyampaikan pesan atau tujuan, sering menggunakan bahasa yang sulit dipahami sehingga menghasilkan banyak interpretasi, kemauan rendah untuk mengakui kesalahan dan cenderung menyalahkan orang lain, kurang akrab, membantah perintah. Atas dasar ini para peneliti mencoba menerapkan layanan bimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal siswa dan untuk mengetahui apakah komunikasi interpersonal dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan sosial-pribadi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang Cermin Kb. Menawarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pra-eksperimental dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Padang Cermin. Tahun ajaran 2016/2017 menawarkan komunikasi interpersonal yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi teknis pendukung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siswa komunikasi antarpribadi di sekolah sebelum diberikan layanan konseling kelompok dan setelah diberikan layanan. Hal ini ditunjukkan dari pengujian hipotesis menggunakan uji t (uji-t), dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh pada kelompok eksperimen t hitung = 50,250> ttabel 0,05 = 2,262, df = n-1 = 10-1 = 9 dengan nilai p <t tabel (0,000 <0,005), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa layanan bimbingan pribadi-sosial dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Saran yang diajukan oleh peneliti, adalah untuk bimbingan guru yang perlu ditindaklanjuti jika ada siswa yang meminta bantuan atau kesulitan dalam berkomunikasi di lingkungannya. Karena ini dapat mempengaruhi peserta didik dalam proses belajar dan mengajar,

Keywords


Service; Guidance; Personal; Social; Communication

Full Text:

PDF

References


Ahmad Juntika Nurihsan. 2014. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Ainur Rohim Faqih. 2011. Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Yogyakarta: UII Press.

Anas Sudijono. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Anwar Sutoyo. 2012. Pemahaman Individu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Azwar Saifuddin. Penyusunan Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depag RI. 2006. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV.Diponegoro.

Dewa Ketut Sukardi. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Dian Wisnu Wardani & Sri Fatmawati. 2012. Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika.

Eko Putro Widiyoko. 2014. Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farid Mashudi. 2012. Psikologi Konseling. Yogyakarta: Salemba Humanika.

Herdiansyah Pratama. “Pola Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dengan Anak Termotivasi Berprestasi Pada Anak” (On-Line), Tersedia id://repository.uinjkt.ac.i/dspace/beitstream/123456/1854/I/HERDIANSYAH%20PRATAMA-FDK.pdf (14 April 2015.

Ingrit Nanisrinuria. 2013. “Program Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa”. Skripsi Program Stara 1 Universitan Pendidikan Indonesia, Bnadung.

Martin Handoko & Theo Riyanto. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta. Kanisius.

Isnaini Maulina Putri. 2015 “pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial dengan teknik latihan asertif pada peserta didik terisolir kelas ix madrasah tsanawiyah muhammadiyah sukarame bandar lampung. .Jurnal Skripsi Program Stara 1 IAIN Raden Intan Lampung.

Muhammad Ahdiyat. 2013 “Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi Melalui Layanan Konseling Kelompok”, Jurnal Skripsi Program Stara 1 Universitas Negeri Semarang UNNES. Semarang.

Mohammad Nuh, Permendiknas No. 111 Tahun 2014, http:// permendikbud-no-111-tahun-2014-tentang-bimbingan-dan-konseling.pdf-adobe reader. diakses Jum’at, 27 Februari 2015 pukul 10:20 WIB.

Pengertian Komunikasi (On-Line), tersedia di: https://id.m.wikipedia.org/wiki/komunikasi (13 April 2015).

Putri Paradise Atmaja. 2015.“Pengaruh Konseling Behavior dalam Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi”. Jurnal Skripsi Program Stara 1 IAIN Raden Intan Lampung.

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Rifda EL Fiah. Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandar Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Samsul Munir Amin. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Sarlito W. Sarwono & Eko A Mainarno. 2009. Psikologi Sosial. Depok: Salemba Humanika.

Slamet Santoso. 2014. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Majagemen. Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Grafindo Persad.

Tohirin. 2009. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Intelegensi. Jakarata: Rajawali Pers.

Zainal Aqib. 2012. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/kons.v3i1.554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Yahya AD, Winarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

live draw sgp