Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MAN Krui Lampung Barat T.P 2015/2016

https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.557

Rifda El Fiah, Ice Anggralisa

Abstract


Komunikasi interpersonal yang dimiliki Peserta Didik jauh dari harapan para guru. Misalnya untuk berbicara dengan teman, Peserta Didik lebih sibuk dengan urusan pribadi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan kesulitan berkomunikasi adalah melalui layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak penggunaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk mengatasi kesulitan komunikasi interpersonal Peserta Didik kelas X MAN Krui 1 Lampung Barat tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian adalah penelitian eksperimen one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Peserta Didik MAN Krui Lampung Barat. Sampel penelitian menggunakan pendekatan purposive sampling/sampel bertujuan sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 Peserta Didik. Variabel penelitian yang digunakan ada dua yaitu layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita sebagai variabel bebas, yang dilambangkan dengan (X) dan komunikasi interpersonal sebagai variabel terikat yang dilambangkan dengan (Y). Instrumen dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket dan metode pendukung berupa observasi. Uji validitas dilakukan melalui uji Z ditunjukkan oleh perubahan skor komunikasi interpersonal Peserta Didik dari hasil pre-test sebesar 95 dan hasil post-test sebesar 143,4 maka terdapat selisih 48,4. Layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita efektif untuk mengatasi kesulitan komunikasi interpersonal Peserta Didik, dapat dilihat dari pengujian hipotesis didapatkan hasil perhitungan Zhitung = 2,803 > Ztabel = 1,96 dari signifikan 0,05% dan derajat kebebasan (db= n – 2 = 10 – 2 = 8). Dengan demikian penelitian ini yang menyimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita Efektif untuk Mengatsi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MAN Krui  Lampung Barat tahun ajaran 2015/2016”, terbukti kebenarannya.

 


Keywords


Konseling; Kelompok; ;Realita; Komunikasi; Interpersonal

Full Text:

PDF

References


Ahdiyat, Muhammad. 2013. Skripsi Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Kendal Tahun Ajaran 2012-2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Amin, Samsul Munir, Bimbingan Konseling Islam, Jakarta: Amzah, 2010.

Arifin. 1976. Pokok-pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Konseling Penyuluhan Agaman (di sekolah dan diluar sekolah), Jakarta: Bulan Bintang.

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asrori, Mohammad. 2008. Psikologi Pembelajaran Cet. II., Bandung : CV. Wawasan Prima.

Atmaja, Dwi. 2012. Web Kajian Psikologi dan Pendidikan. (Online). (http://kajian psikologi.guru-indonesia.net/artikel_detail-35501.html. diakses pada 30 Desember 2012).

Budyatna, M. dan Leila, MG. 2011. Teori komunikasi Interpersonal. Jakarta: Kencana.

Corey, Gerald. 1973. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Semarang : IKIP Semarang Press.

. 1995. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Semarang : IKIP Semarang Press.

. 2010. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Enjang, AS. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.

Jurnal Sumberdaya Manusia. 2010. Komunikasi Interpersonal : Definisi, Klasifikasi, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Komunikasi Interpersonal. http://www.jurnal-sdm.blogspot.com2010-01komunikasi-interpersonal-definisi.html.htm

Lubis, NL. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Teknik. Jakarta: Kencana.

Natawidjaja, Rochman. 2009. Konseling kelompok, konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi Press.

Prayetno dan Erman Amti. 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ricky. 2011. Penelitian Eksperimen. http://www.rickysukandar.blogspot.com//2011-02penelitianeksperimen.html.htm. (5 maret 2015)

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingna dan konseling kelompok disekolah (metode, teknik dan aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Sobirin, 2010. Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Watukumpul Pemalang Tahun 2009/2010. Malang: Universitas Negeri Malang

Soenarjo, dkk, 1995. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra.

Supriatna, Mamat. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers.

Suranto, AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Mentri Agama RI. 1993. Al-Qur’an dan Terjemahan. Semarang: CV. ASY-SYIFA’.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Vitalis DS, 2008. Layanan Konseling Kelompok. Diktat Mata Kuliah Bimbingan Konseling IKIP PGRI Madiun

Winkel dan Sri Hastuti, 2008. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.557

Article Metrics

Abstract views : 410 | PDF downloads : 3044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Konseli : Jurnal Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.