Efektivitas Konseling Puisi Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas Vii SMPN 24 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016

https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.562

Laila Maharani, Muhammad Mansur

Abstract


Percaya diri merupakan kunci motivasi diri. Setiap individu akan membutuhkan kepercayaan diri setiap harinya dalam berbagai hal, termasuk peserta didik dalam mengikuti proses belajar di sekolah. Tingkat kepercayaan diri yang baik memudahkan pengambilan keputusan dan melancarkan jalan untuk mendapatkan teman, membangun hubungan, dan membantu individu lain dalam membangun kesuksesan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah konseling puisi sebagai media bimbingan dan konseling efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VII SMPN 24 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 24 Bandar Lampung yang tidak tampil saat  perlombaan membaca puisi dan stand up comedy  yang  berjumlah 20 peserta didik, yang kemudian diberikan angket percaya diri yang telah diuji validitas. keseluruhan peserra didik tersebt berada pada kategori percaya diri rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan percaya diri peserta didik setelah melaksanakan layanan konseling puisi sebagai media bimbingan dan konseling  dengan diperoleh df = 18 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0.05, maka ttabel = 2.101 dan nilai thitung  lebih besar dari ttabel, (3.939 ≥ 2.101). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan konseling puisi sebagai media bimbingan dan konseling dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VII SMPN 24 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016.

 

 


Keywords


Konseling; Puisi; Media; Bimbingan; Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Fatoni. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.

A. Said Hasan Basri. Peran Media Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Islam di Sekolah, Jurnal Dakwah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2010.

Al-Quran dan Terjemahannya. Departemen Agama RI. Bandung: Syaamil Qur’an. 2007.

Anwar, Sutoyo. Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2012.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2015.

Gladding, Samuel T. The Creative Arts In Counseling. USA: American Counseling Associations.2011.

Hasanah, Nur. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Lingkaran (Round) Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Gorontalo. (Skripsi Program Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)

Illarezkiwanda, Dunia BK-Bimbingan dan Konseling. [on-line], tersedia di: http://illarezkiwanda.blogspot.co.id/ [3 Maret 2016]

Ivanne’s Gallery, Peranan Percaya Diri Dalam Pembelajaran. [On-Line], tersedia di: http://vanneisblessing.blogspot.co.id/2012/02/peranan-percaya-diri-dalam-pembelajaran.html [31 Januari 2016]

John Creswell. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Maharani, Laila. Konseling Puisi:Konseling Diri Melalui Media Puisi. Bandar Lampung: CV. Teams Barokah. 2014.

Maya, Citraan Dalam Puisi, [On-Line], tersedia di: https://kelasmayaku.wordpress.com/2011/02/09/citraan-dalam-puisi/ [21 Maret 2016]

Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.

Mustari, Mohamad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014.

Nursalim, Mochamad. Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Unesa university press.2010.

Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.

Purwanti, septi rahayu. “mengatasi masalah kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Karangpucung kabupaten cilacap”. (Skripsi Program Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2013)

Rostina Sundayana. Statistika Penelitian Pendidkan. Bandung: Alfabeta.2014.

Sarwono, Sarlito W. Dan Eko A. Meinamo. Psikologi Sosial. Depok: Salemba Humanika. 2009.

Sarwitto, Putra, Ciri-Ciri Orang Percaya Diri, [On-Line], Tersedia di: http://wargasawitto.blogspot.co.id/2013/02/ciri-ciri-orang-percaya-diri.html [30 Januari 2016]

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013.

Suhardita, Kadek. “Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa”. Edisi Khusus No.1. Agustus 2013

Supriatna, Mamat. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Tumigar, Sriwahyuni. “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Model Amati, Tiru, Modivikasi Menggunakan Media Video Pembacaan Puisi Pada Siswa Kelas VII A SMPN 1 Sambong Kabupaten Blora”. Skripsi (Semarang, UNS, 2014)

Undana. Pelaksanaan Kegiatan, [On-Line], tersedia di: http://bimbingankonseling-undana.blogspot.co.id/p/pelaksanaan-kegiatan.html [27 Januari 2016]

Utama, Wahyu Puja. “efektivitas Pemberian Layanan Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas IX C di SMPLB Krida Utama 2 Loceret Tahun 2014/2015”, Skripsi (Kediri, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2014)

Wayan, Nurkencana. Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional. 2010.

Widoyo, Eko Putra. Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014

Wikipedia Bahasa Indonesia. Puisi, [on-line], tersedia di: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kategori:Puisi [15 Januari 2016]




DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.562

Article Metrics

Abstract views : 472 | PDF downloads : 535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Konseli : Jurnal Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.